Apakah Aplikasi PeduliLindungi Asli Buatan Anak Bangsa?
Aplikasi PeduliLindung karya anak bangsa dijamin aman. (foto: pedulilindungi)

Bagikan:

MEDAN - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) membantah atas informasi yang beredar terkait aplikasi PeduliLindungi yang dimiliki pihak Singapura, dan datanya juga turut berada di negeri tersebut.

Juru bicara Kemenkominfo mengatakan bahwa aplikasi PeduliLindungi murni dimiliki oleh Indonesia dari hasil karya anak bangsa yang dikembangkan bersama dengan PT Telkom Indonesia.

Begitu pula data yang dikelola. "Faktanya, data PeduliLindungi ditempatkan di pusat data yang berlokasi di dalam negeri dan dikelola sesuai dengan ketentuan perundangan yang berlaku. Kementerian Kominfo secara tegas menyampaikan bahwa data-data strategis harus disimpan di dalam negeri," ungkap Dedy dikutip VOI dalam laman resmi Kemenkominfo, Rabu, 15 September.

PeduliLindungi dijamin Keputusan Menteri Kominfo No 171 Tahun 2020

Dedy menegaskan, PeduliLindungi juga dijamin aman dengan Keputusan Menteri Kominfo No 171 Tahun 2020 yang melengkapi keputusan sebelumnya, yakni Keputusan Menteri Kominfo No. 159 Tahun 2020 tentang Upaya Penanganan Corona Virus Disease (COVID-19) melalui Dukungan Pos dan Informatika.

"Oleh karena itu, Kementerian Kominfo mengingatkan masyarakat agar tidak percaya dengan isu yang beredar dan mengajak untuk menginstal PeduliLindungi," tutur Dedy.

Sementara itu, PT Telkom Indonesia juga memastikan keaslian dan keamanan platform PeduliLindungi sebagai aplikasi yang 100 persen dibuat oleh Indonesia. Ditegaskan Telkom, PeduliLindungi juga terjamin keamanannya karena seluruh data platform ini berada pada Pusat Data Nasional (PDN) yang dikelola Kemenkominfo yang berlokasi di Indonesia.

"Penegasan ini disampaikan menanggapi kesimpangsiuran informasi perihal keamanan data dan keaslian PeduliLindungi sebagai aplikasi buatan Indonesia. Pengamanan data pada PeduliLindungi dipastikan sudah berjalan secara optimal dan komprehensif oleh seluruh pemangku kebijakan seperti Kementerian BUMN, Kemenkominfo, Kementerian Kesehatan, serta Badan Sandi dan Siber Nasional (BSSN)," jelas Senior Vice President Corporate Communication & Investor Relation Telkom Indonesia, Ahmad Reza.

Reza menyatakan PeduliLindungi sendiri merupakan aplikasi hasil kolaborasi Kementerian BUMN, Kemenkominfo serta Kementerian Kesehatan, di mana pemerintah selanjutnya menunjuk Telkom sebagai pengembang aplikasi tersebut.

“Persoalan keamanan data yang diproses PeduliLindungi sudah tuntas jelas, di mana seluruh data dipastikan terjaga dan diproses secara mandiri oleh Indonesia. Kami harap seluruh masyarakat, tokoh, dan pegiat media sosial bisa lebih bijak dan berhati-hati apabila menyampaikan argumen atau pendapat mengenai keamanan data pada PeduliLindungi," tegas Reza.

Sebelumnya  beredar kabar lewat unggahan mantan Dubes Polandia, Peter F Gontha,  di media sosial yang menyatakan bahwa aplikasi PeduliLindungi merupakan buatan Singapura.

“Ternyata aplikasi PEDULI LINDUNGI itu aplikasi bikinan SINGAPORE. Gila… Seluruh data kita direkam Singapore, dan kedaulatan Data Indonesia sudah ada ditangan mereka, meski ini aplikasi Telkom. Mereka tau Alamat kita, tgl Lahir kita, email Kita, kita makan apa, kita kemana aja… semua mereka tau. Kalau info ini salah mohon saya di informasikan apa yang salah," kata Gontha.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: PeduliLindungi Dijamin Asli Karya Anak Bangsa, Cek Faktanya!

Selain Aplikasi PeduliLindungi, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!