Apa Penyebab Banyaknya Korupsi di BUMN? Berikut Penjelasan Erick Thohir
Menteri BUMN, Erick Thohir. (Foto: Dok. Kementerian BUMN)

Bagikan:

MEDAN - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyebutkan selama ini sering terjadi oknum di BUMN melakukan tindakan korupsi. Karena itu, Erick menekankan dirinya tidak ingin hal tersebut terulang kembali.

"Saya tidak mau ada oknum BUMN yang mana selama ini sering terjadi tindak korupsi," ujarnya dalam acara 'Launching Produk Bersama Warung Pangan' secara virtual, Kamis, 16 September.

Erick Thohir: BUMN dengan swasta dan Pemda harus win-win

Menurut Erick, alasan terjadinya tindak korupsi oleh oknum-oknum tersebut karena mereka terlalu berorientasi pada keuntungan proyek bukan proses bisnis yang baik.

"Karena project base bukan business process yang baik," tuturnya.

Di samping itu, Erick juga meminta kepada pihak swasta yang menjalin kerja sama dengan perusahaan BUMN untuk tidak bermain curang. Menurut Erick, kedua pihak harus dapat memastikan bahwa keuntungan akan didapatkan di masing-masing perusahaan.

"Saya juga minta para swasta yang ber-partner dengan BUMN jangan ngakali. Harus win-win, apalagi sekarang di era yang sangat transparan, digitalisasi, COVID memaksa digitalisasi terjadi. Artinya transparansi dan pasar terbuka," ujarnya.

Erick juga menekankan bahwa dirinya tak ingin BUMN menjadi menara gading. Kata dia, dalam menjalin kerja sama bersama perusahaan, UMKM, atau pihak swasta lain harus saling memberikan keuntungan.

"Kita tidak mau BUMN menjadi menara gading, tetapi saya ingin pastikan kerja sama BUMN dengan swasta dan Pemda harus win-win, saling untung," ucapnya.

 

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Blak-blakan Erick Thohir soal Banyak yang Korupsi di BUMN, Apa Penyebabnya?

 

Selain Penyebab Banyaknya Korupsi di BUMN, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!