Gibran Puji Keberhasilan Anies Tangani Pandemi, PDIP: Harusnya Anies Fair Akui Juga Kepemimpinan Jokowi
Foto: BPMI Setpres/Rusman

Bagikan:

JAKARTA - Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah, menilai wajar pujian yang diutarakan Wali Koto Solo, Gibran Rakabumi kepada Gubernur DKI Anies Baswedan atas keberhasilan menekan penyebaran COVID-19 di DKI.

"Namun begitu juga sebaliknya, dengan pujian Gibran tersebut secara tersirat, Anies Baswedan juga diharapkan bisa bersikap fair dan jujur untuk mau mengakui kesuksesan kepemimpinan Presiden Jokowi dalam mengatasi pandemi COVID-19 di tanah air," ujar Basarah dalam keterangannya, Jumat, 17 September.

DKI Jakarta yang merupakan wilayah kerja Gubernur Anies adalah bagian dari Negara Republik Indonesia. Sehingga penanganan COVID-19 nya pun tidak terlepas dari strategi Presiden Joko Widodo.

"Jadi bukan bersifat 'Negara dalam Negara," sindirnya.

Basarah mengingatkan, bahwa pemimpin yang jujur dan obyektif sangat penting sebagai sarana pendidikan politik rakyat dan memperkuat etika kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Sukses pembangunan nasional memang harus ada prasyarat adanya gotong royong antara pemerintah pusat dan daerah serta tidak boleh masing-masing jalan sendiri-sendiri," kata Wakil Ketua MPR itu.

Kendati demikian, Basarah memandang pujian Gibran bukan karena putra sulung Jokowi itu berkeinginan maju dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI 2024.

"Saya tidak melihat pujian Gibran kepada Anies karena dia punya motif untuk maju sebagai calon gubernur DKI Jakarta tahun 2024 yang akan datang," tuturnya.

"Karena baik Gibran maupun PDI Perjuangan sendiri sebagai partai tempat Gibran bernaung masih fokus untuk membantu Presiden Jokowi untuk berjuang mengatasi pandemi global COVID19," kata Basarah menegaskan.

Sebelumnya, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memuji Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sangat bagus dalam menangani pandemi COVID-19.

"Pak Anies sangat bagus dalam penanganan COVID-19," kata Gibran kepada wartawan di Solo, Rabu, 15 September.

Gibran pun menyebut Anies sebagai role model kepala daerah yang sukses membangun Jakarta.

"Ya sekali lagi beliau (Anis Baswedan) itu role model, kepala daerah yang sukses yang membangun Jakarta," sebutnya.