Jalan Bebas Hambatan Lodewijk F. Paulus Jadi Pimpinan DPR Gantikan Azis Syamsuddin
Ilustrasi (Irfan Meidianto/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) tinggal menyetujui Anggota Komisi I DPR Lodewijk F. Paulus menjadi Wakil Ketua DPR bidang Koordinator Politik dan Keamanan (Korpolkam) menggantikan Azis Syamsuddin.

Wakil Ketua MKD DPR, Habiburokhman menuturkan, Lodewijk sudah diusulkan menjadi pengganti Azis yang sekarang harus berurusan hukum usai dijadikan tersangka kasus suap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Saya dengar partai Golkar sudah memutuskan, kalau gak salah pak Lodewijk menjadi pengganti pak Azis," ujar Habiburokhman di Gedung DPR, Selasa, 28 September.

Selanjutnya, kata Habib, nama pengganti Azis akan disampaikan lewat Badan Musyawarah (Bamus) dan dibawa kedalam rapat paripurna DPR.

Sementara MKD tinggal menyetujui lantaran tidak ada lagi masalah etik dan kehormatan menyangkut Azis Syamsuddin yang sudah ditangani KPK.

"Itu nanti disampaikan lewat Bamus. MKD hanya tinggal meng-approve saja karena gak ada masalah lagi secara etik dan kehormatan. Dari Bamus ditetapkan di Paripurna," jelas politikus Gerindra itu

Habiburokhman mengatakan, Azis Syamsuddin sudah mengundurkan diri secara tertulis sebagai Wakil Ketua DPR. Sehingga secara otomatis statusnya sudah bukan lagi sebagai pimpinan DPR RI yang nantinya akan diputuskan oleh Fraksi Partai Golkar.

"Saya pikir kan ini administrasi, secara prinsip bisa diyakini yang bersangkutan mengundurkan diri sebagai wakil ketua DPR. Nanti mekanismenya tentu kalau tidak mengundurkan diri ketika masuk persidangan jadi terdakwa otomatis non aktif, tapi karena sudah mengundurkan diri duluan maka menunggu saja proses di partai Golkar," pungkasnya.