Bikin Resah, Kawanan Monyet Masuk Permukiman Ambil Makanan di Rumah Bahkan Kejar Warga di Tebing Tinggi
Kawanan monyet di permukiman warga Tebing Tinggi, Sumut/IST

Bagikan:

MEDAN - Kawanan monyet liar masuk dan mengganggu warga di Lingkungan 3, Kelurahan Bandar Utama, Kecamatan Tebing Tinggi, Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara. Akibatnya, masyarakat setempat menjadi resah.

Seorang warga, Eliana (58) mengatakan, kawanan monyet liar itu bahkan masuk ke dalam rumah dan mengambil makanan. Bahkan, monyet liar tersebut tidak segan-segan mengejar dan menggigit warga yang melintas di jalan.

"Aku tadi dikejar dan digigit monyet itu," katanya, Kamis, 30 September.

Menurut dia, kawanan monyet liar sudah belasan tahun masuk ke permukiman dan sering merusak seng dan asbes rumah. 

"Sudah sangat meresahkan warga, kami minta pak wali kota melakukan tindakan agar masyarakat Lingkungan 3 bisa tenang," sambungnya.

Eliana meminta agar BKSDA Sumatera Utara mengevakuasi monyet liar tersebut. Agar warga bisa hidup tenang tidak terganggu kawanan monyet liar.

"Kami minta pihak KSDA Sumatera Utara segera mengevakuasi monyet liar tersebut, karena sudah meresahkan warga," ujar dia.

Terpisah, Kabid Bidang Pemadaman dan Penyelamatan Dinas Pemadam Kebakaran Tebing Tinggi, Hersan mengatakan, upaya dilakukan dengan melakukan pengusiran dan memberi makanan.

Dia mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak KSDA Sumatera Utara terkait bantuan untuk evakuasi kawanan monyet liar. Tapi sampai saat ini belum ada tindaklanjut.

"Psti jumlahnya ratusan, mungkin ini membuat mereka belum melakukan tindakan," kata Hersan.