CIA Resah: Lusinan Informan Hilang, Mata-matanya Diburu Rusia, China hingga Iran
Memorial Wall di lobi Kantor Pusat CIA, Langley, Virginia, AS. (Wikimedia Commons/CIA photo)

Bagikan:

JAKARTA - Amerika Serikat (AS) telah kehilangan lusinan informan di seluruh dunia selama beberapa tahun terakhir, sebuah laporan mengatakan Selasa.

Badan intelijen AS, Central Intelligence Agency (CIA) mengirim pesan rahasia ke jaringan global stasiun dan pangkalan yang mengatakan, sejumlah informan yang direkrut dari negara lain guna memata-matai untuk AS telah ditangkap, dibunuh atau dikompromikan, The New York Times mengatakan, mengutip orang yang mengetahui masalah tersebut.

"Kabel tersebut menyoroti perjuangan yang dilakukan agen mata-mata saat bekerja untuk merekrut mata-mata di seluruh dunia dalam lingkungan operasi yang sulit," sebut The New York Times seperti dikutip 5 Oktober.

Pesan CIA juga dilaporkan mengatakan, badan-badan intelijen di negara-negara termasuk China, Iran, Pakistan dan Rusia telah memburu mata-mata AS, menargetkan mengubahnya menjadi agen ganda.

Mengakui bahwa merekrut mata-mata berisiko tinggi, telegram tersebut mengangkat isu-isu yang telah mengganggu agen tersebut dalam beberapa tahun terakhir, termasuk perdagangan yang buruk, terlalu mempercayai sumber, meremehkan badan intelijen asing, dan bergerak terlalu cepat untuk merekrut informan sementara tidak cukup memperhatikan potensi risiko kontra-intelijen, masalah yang disebut kabel itu menempatkan 'misi di atas keamanan.'

Sejumlah besar informan yang dikompromikan dalam beberapa tahun terakhir juga menunjukkan kehebatan negara lain yang berkembang dalam menggunakan inovasi, seperti pemindaian biometrik, pengenalan wajah, kecerdasan buatan, dan alat peretasan untuk melacak pergerakan CIA guna menemukan sumbernya.

Sedangkan CIA memiliki banyak cara untuk mengumpulkan intelijen bagi para analisnya untuk dibuat menjadi pengarahan bagi pembuat kebijakan, jaringan informan manusia tepercaya di seluruh dunia tetap menjadi inti dari upayanya, jenis intelijen yang seharusnya menjadi yang terbaik di dunia dalam pengumpulan dan menganalisa.

Merekrut informan baru, kata mantan pejabat, adalah cara petugas kasus CIA, mata-mata garis depan, mendapatkan promosi. Petugas kasus biasanya tidak dipromosikan untuk menjalankan operasi kontra intelijen yang baik, seperti mencari tahu apakah seorang informan benar-benar bekerja untuk negara lain.

markas cia
Markas pusat CIA di Langley, Virginia, AS. (Wikimedia Commons/Library of Congress Carol M. Highsmith)

Badan tersebut telah mencurahkan banyak perhatiannya selama dua dekade terakhir untuk ancaman teroris dan konflik di Afghanistan, Irak dan Suriah, tetapi meningkatkan pengumpulan intelijen pada kekuatan musuh, baik besar maupun kecil, sekali lagi menjadi inti dari agenda CIA, terutama karena pembuat kebijakan menuntut lebih banyak wawasan tentang China dan Rusia.

Hilangnya informan, kata mantan pejabat, bukanlah masalah baru. Tetapi telegram tersebut menunjukkan, masalah ini lebih mendesak daripada yang dipahami publik.

Peringatan itu, menurut mereka yang telah membacanya, terutama ditujukan kepada petugas agen garis depan, orang-orang yang paling terlibat langsung dalam perekrutan dan pemeriksaan sumber. Kabel itu mengingatkan CIA untuk fokus tidak hanya pada perekrutan sumber, tetapi juga pada masalah keamanan termasuk pemeriksaan informan dan menghindari badan intelijen yang bermusuhan.

Di antara alasan kabel itu, menurut orang yang mengetahui dokumen itu, adalah untuk mendorong petugas kasus CIA untuk memikirkan langkah-langkah yang dapat mereka ambil sendiri untuk melakukan pekerjaan yang lebih baik dalam mengelola informan.

Mantan pejabat mengatakan, harus ada lebih banyak fokus pada keamanan dan kontra intelijen, di antara para pemimpin senior dan personel garis depan, terutama dalam hal perekrutan informan, yang disebut CIA sebagai agen.

"Pada akhirnya tidak ada seorang pun yang bertanggung jawab ketika ada masalah dengan agen," kata Douglas London, mantan agen operasional.

"Terkadang ada hal-hal di luar kendali kita, tetapi ada juga kecerobohan dan kelalaian dan orang-orang di posisi senior tidak pernah bertanggung jawab," sambungnya.

Ditanya tentang memo itu, seorang juru bicara CIA menolak memberikan komentar.