Soal Jadwal Pemilu 2024, PDIP dan PKS Sepakat dengan KPU
Ilustrasi (Unsplash)

Bagikan:

MEDAN - Beberapa partai politik sudah sudah menentukan sikap terkait dua usulan jadwal pencoblosan Pemilu Serentak 2024. Hal tersebut sebagaimana dijelaskan Ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Doli Kurnia.

Perlu diketahui, jadwal Pemilu Serentak 2024 belum diputuskan dikarenakan terdapat dua usulan. Yakni, pemerintah usul agar digelar 15 Mei, sementara KPU RI merencanakan pada 21 Februari.

Beberapa Kesepakatan Parpol soal Jadwal Pemilu 2024

"Golkar, Nasdem, Gerindra, PAN secara jelas mendukung pelaksanaan (Pemilu) 15 Mei dan tetap (Pilkada) 27 November," ujar Doli, Jumat, 8 Oktober.

Sedangkan PDI Perjuangan, PKS, dan PPP, kata Doli, lebih sepakat dengan usulan KPU agar Pemilu dilangsungkan pada 21 Februari 2024.

"Sementara Demokrat dan PKB menyerahkan sepenuhnya kesiapan dari KPU dan pemerintah," kata Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini.

Kendati demikian, Doli menegaskan, Komisi II DPR RI masih mengupayakan penentuan jadwal pencoblosan Pemilu Serentak 2024 diambil dengan jalan musyawarah mufakat. Meski ada kemungkinan diambil melalui mekanisme voting.

"Kita menghindari voting. Kalau mau paksa ambil keputusan bisa saja. Tapi kami sudah bersepakat karena ini hajatan kita semua," jelas Doli.

Menurutnya, semua tahapan Pemilu 2024 harus dilakukan dengan baik. Sebab, hajatan akbar ini menentukan arah bangsa dalam periode lima tahun.

"Pemilu ini kan menentukan nasib bangsa 5 tahun yang akan datang, tentu kita ambil sesuai desain bukan karena menang-menangan," kata Doli.

 

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Penentuan Pemilu 2024: 4 Parpol Setuju Pemerintah, 3 Sepakat KPU, 2 Ikut Saja

Selain Jadwal Pemilu 2024, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!