RS Adam Malik Tak Bisa Transplantasi, Bobby Nasution Berencana Bawa Bayi Penderita Atresia Bilier ke Jakarta
Wali Kota Medan Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu/DOK Pemko Medan

Bagikan:

MEDAN - Wali Kota Medan, Bobby Nasution berencana membawa bayi berumur 7 bulan bernama Aiyla Adisty Hidayah yang menderita Atresia Bilier ke Jakarta.

Berdasarkan informasi yang diterima Bobby Nasution dari dokter, penyakit yang diderita bayi malang itu berawal dari empedu. Namun, karena penanganannya dari keluarga yang lama membawa ke rumah sakit, penyakitnya sudah naik sampai ke fungsi hati. 

"Karena itu, kemarin fungsi hatinya, jalan satu-satunya kemarin itu adalah transplantasi. Ini memang di Medan, di Sumut, di (RS) Adam Malik belum bisa melaksanakan itu," kata Bobby Nasution, Jumat, 8 Oktober. 

Karena itu, Bobby Nasution berdiskusi dengan keluarga terkait penanganannya. 

"Bagaimana solusi, kami serahkan kembali kepada keluarga," kata dia. 

Selain itu, menantu Presiden Jokowi ini juga sudah mengantisipasi kemungkinan penanganan-penanganan yang akan diberikan untuk bayi malang tersebut.

"Bagaimana kondisi anak kita sudah dikasih tahu, bagaimana kalau transplantasi, penanganan-penanganan yang bisa kami lakukan sampai dengan hari ini," sambung Bobby Nasution. 

Dia menegaskan, akan mendukung penuh apa pun keputusan yang diambil orang tua bayi Aiyla Adisty Hidayah 

"Ke depannya sambil menunggu keputusan orangtua nya mengambil keputusan A, B atau C, kami tetap akan support," ujar Bobby Nasution.

Namun, jika bayi tersebut dirujuk ke rumah sakit di Jakarta, Bobby Nasution belum bisa memastikan sumber biaya. Saat ini, bayi malang itu masuk ke dalam kategori unregister Pemko Medan. 

"Sampai hari ini kita gunakan unregister Kota Medan. Tentunya nanti kalau keluarga mengambil keputusan, kita diskusikan lagi," kata Bobby.