Kabar Gembira, Ahli Dukung Pemberian Vaksin COVID-19 Pfizer untuk Anak Usia 5-11 Tahun
Ilustrasi vaksin COVID-19 Pfizer. (Wikimedia Commons /Prefeitura Campinas)

Bagikan:

JAKARTA - Tim panel ahli memberikan dukungan untuk rekomendasi penggunaan vaksin COVID-19 Pfizer untuk anak-anak usia 5-11 tahun, menyebut manfaat vaksin lebih besar daripada risikonya.

Otorisasi vaksin COVID-19 untuk kelompok usia tersebut, menjadi langkah pengaturan penting, seiring dengan kembalinya anak-anak ke sekolah untuk mengikuti pembelajaran langsung.

Dukungan ini dikeluarkan oleh panel ahli untuk Administrasi Makanan dan Obat-obatan Amerika Serikat (FDA), Selasa kemarin. Langkah yang berarti, mengingat ini akan menjangkau 28 juta anak-anak di rentang usia tersebut untuk menerima vaksin COVID-19.

Vaksin dapat tersedia untuk kelompok usia yang lebih muda paling cepat minggu depan. FDA tidak berkewajiban untuk mengikuti saran dari para ahli di luarnya, tetapi biasanya melakukannya. Suara itu 17 mendukung dengan satu abstain.

Jika FDA mengizinkan suntikan untuk kelompok usia ini, panel penasehat Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) akan bertemu minggu depan untuk membuat rekomendasi tentang pemberian vaksin. Direktur CDC akan membuat panggilan terakhir.

Sementara anak-anak yang sakit parah atau meninggal akibat COVID-19 relatif jarang dibandingkan dengan orang dewasa, beberapa mengalami komplikasi, dan infeksi pada anak-anak yang tidak divaksinasi telah meningkat karena varian Delta dari virus corona yang mudah menular. Data dari American Academy of Pediatrics menunjukkan, lebih dari 500 anak AS telah meninggal karena COVID-19.

"Ini adalah pembunuh tertinggi kedelapan anak-anak dalam kelompok usia ini selama setahun terakhir," kata Dr Amanda Cohn, ahli vaksin pediatrik di CDC dan anggota voting panel, mengutip Reuters 27 Oktober.

"Penggunaan vaksin ini akan mencegah kematian, akan mencegah penerimaan ICU dan akan mencegah hasil buruk jangka panjang yang signifikan pada anak-anak," lanjutnya.

Hingga saat ini, baru beberapa negara yang mengizinkan vaksinasi COVID-19 untuk anak-anak di rentang usia ini, termasuk China, Kuba dan Uni Emirat Arab.

Di Amerika Serikat, baru sekitar 57 persen dari populasi yang divaksinasi lengkap, tertinggal dari negara lain seperti Inggris dan Prancis. Sementara, persentase anak kecil yang menerima suntikan mungkin rendah. Tingkat vaksinasi A.S. untuk anak berusia 12 hingga 15 tahun mengikuti kelompok usia lain sekitar 47 persen.

Pihak Pfizer sedang mencari izin untuk dosis vaksin 10 mikrogram yang lebih rendah untuk anak kecil, dibanding dosis 30 mikrogam untuk mereka yang berusia 12 tahun ke atas.

Perusahaan mengatakan vaksin mereka menunjukkan kemanjuran 90,7% melawan virus corona dalam uji klinis anak-anak berusia 5-11 tahun.

Para penasihat memperhatikan dengan cermat tingkat peradangan jantung yang disebut miokarditis yang telah dikaitkan dengan vaksin Pfizer/BioNTech dan Moderna, terutama pada pria muda.

Beberapa anggota panel menyarankan, karena risiko miokarditis, vaksin harus diberikan kepada kelompok anak-anak yang lebih sempit, seperti mereka yang memiliki kondisi yang membuat mereka lebih mungkin dirawat di rumah sakit.

"Ada anak-anak tertentu yang harus divaksinasi. Pertanyaan tentang seberapa luas penggunaannya, saya pikir itu penting," kata Eric Rubin, Pemimpin Redaksi 'New England Journal of Medicine'.

Jika diizinkan, vaksin Pfizer/BioNTech kemungkinan akan menjadi satu-satunya yang tersedia untuk kelompok usia di Amerika Serikat untuk beberapa waktu.

Sementara, Pfizer mengatakan dapat memiliki data dari uji klinisnya pada anak-anak bahkan yang lebih muda usia 2 hingga 4 pada akhir tahun.

Untuk diketahui, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sejak Mei telah mendesak negara-negara kaya untuk mempertimbangkan kembali rencana untuk memvaksinasi anak-anak. Sebagai gantinya, menyumbangkan suntikan COVID-19 ke program COVAX untuk didistribusikan ke negara-negara miskin.