Tips Membuat Media Tanam di Rumah dengan Sabut Kelapa
Ilustrasi Pembuatan Sabut Kelapa Jadi Media Tanam (Gary Barnes/Pexels)

Bagikan:

MEDAN - Bagi Anda yang memiliki hobi bercocok tanam, tips berikut akan sangat membantu bagi Anda yang ingin hemat dengan membuat media tanam dari sabut kelapa.

Perlu diketahui, terdapat berbagai jenis media tanam yang bisa Anda gunakan untuk menanam, salah satunya sabut kelapa atau cocopeat.

Melansir laman Balcony Garden Web, Kamis, 28 Oktober, sabut kelapa dapat digunakan sebagai media tanam dan dipercaya dapat meningkatkan retensi air dan porositas media tumbuh.

Sabut kelapa juga dapat menyerap air lebih baik daripada media tanam organik lain, meningkatkan produktivitas tanah, dan mengurangi penyakit akar.

Membuat Media Tanam dari Sabut Kelapa

Selain itu, media tanam dari sabut kelapa bisa Anda buat di rumah secara mudah sehingga lebih ekonomis. Anda hanya memerlukan alat dan bahan seperti kelapa, tang, wadah, mangkuk, alat aduk, dan air. Setelah alat dan bahan siap, mari lanjutkan ke cara pembuatannya.

1. Siapkan sabut kelapa

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan sabut kelapa. Sabut kelapa yang baik bisa didapatkan dari kelapa tua. Untuk mengambilnya, gunakan tang atau alat pencabut sabut kelapa untuk memisahkan lapisan sabut kelapa dari tempurungnya.

2. Basahi dan potong sabut kelapa

Setelah mendapatkan sabut kelapa, Anda perlu membagi sabut menjadi beberapa bagian dan memotongnya hingga kecil. Agar proses ini lebih mudah dilakukan, basahi sabut dengan air.

3. Keringkan dan haluskan sabut kelapa

Karena proses selanjutnya adalah menghaluskan sabut kelapa yang telah dipotong kecil-kecil menggunakan blender, maka sabut kelapa yang basah perlu dikeringkan terlebih dahulu agar lebih gampang dihaluskan. Setelah kering, masukkan sabut kelapa ke dalam mesin blender lalu blender hingga benar-benar halus atau bisa juga ditumbuk secara manual.

4. Saring sabut kelapa

Untuk tekstur yang lebih halus, buang potongan sabut kelapa atau sabut kelapa yang tidak bisa dihaluskan. Anda bisa melakukannya dengan tangan atau menggunakan saringan.

5. Campur sabut dengan air dan MOL

Proses pembuatan media tanam dari sabut kelapa selanjutnya adalah mencampurkan sabut kelapa yang telah dihaluskan dengan MOL (Mikroorganisme Lokal), lalu rendam dengan air selama satu hari. Adapun, MOL yang digunakan merupakan campuran dari 1 liter air, 100 ml air cucian beras, serta 50 ml urine kelinci.

Setelah semua bahan tercampur rata, Anda pun perlu menutupnya dengan wadah dan simpan di tempat teduh selama satu hari. Jika sudah, Anda bisa menyaringnya sekali lagi untuk mengurangi air rendaman dan cocopeat yang sudah ditiriskan bisa langsung digunakan untuk media tanam ataupun membantu proses penyemaian.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Tips Praktis Menyulap Sabut Kelapa Menjadi Media Tanam

Selain Membuat Media Tanam di Rumah dengan Sabut Kelapa, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!