4 Tanda Kekurangan Vitamin B12, Ada Depresi Ternyata
Ilustrasi (Pollina Zimmerman/Pexels)

Bagikan:

MEDAN - Jangan terburu-buru mengira Anda terserang dimensia ketika kekurangan vitamin B12 karena memiliki gejala yang hampir-hampir mirip.

Perlu diketahui, kekurangan vitamin B12 juga dikenal sebagai cobalamin yang merupakan vitamin larut dalam air yang dibutuhkan untuk pembentukan darah dan fungsi sistem saraf.

Tubuh manusia tidak dapat memproduksi vitamin B12, sehingga harus bergantung pada sumber makanan dan suplemen agar tidak kekurangan vitamin B12.

Banyak Pecinta Vegetarian Terserang Kekurangan Vitamin B12

Defisiensi vitamin B12 sering terjadi di kalangan vegetarian dan vegan, karena mineral ini tidak ditemukan dalam produk makanan nabati. Studi telah menunjukkan bahwa 80-90 persen vegan dan vegetarian kekurangan vitamin B12.

Lalu apa saja dampak kesehatan kekurangan vitamin B12 pada tubuh manusia? Jurnal penelitian menunjukkan bahwa vitamin B12 sangat berdampak bagi sistem saraf pusat manusia. Itu sebabnya, gejala kekurangan vitamin ini pada tubuh sangat menyerupai demensia. Berikut gejala yang perlu Anda waspadai.

1. Kebingungan

Vitamin B12 bertanggung jawab dalam produksi sel darah merah, yang membawa oksigen ke berbagai bagian tubuh. Kekurangan sel darah merah ini akan mengurangi suplai oksigen di otak yang menyebabkan kebingungan. Beberapa orang bahkan mungkin menunjukkan gejala pusing dari waktu ke waktu.

2. Depresi

Studi menunjukkan bahwa kadar homosistein yang tinggi yang disebabkan oleh kadar vitamin B12 yang rendah dapat mengganggu beberapa jaringan otak. Ini menyebabkan gangguan pada sinyal otak Anda, yang menyebabkan perubahan suasana hati dan bahkan depresi. Studi menunjukkan bahwa kondisi ini dapat ditangani dengan mengonsumsi suplemen vitamin B12.

3. Susah fokus

Jika Anda menyadari bahwa tingkat konsentrasi Anda memburuk akhir-akhir ini, mungkin kadar vitamin B12 dalam tubuh Anda rendah. Konsentrasi yang buruk merupakan tanda khas dari kekurangan nutrisi yang disebabkan oleh kurangnya jumlah oksigen yang cukup di otak dan gangguan pada jaringan otak.

4. Sering lupa

Kesulitan menemukan kata yang tepat saat berbicara atau sering melupakan sesuatu setelah meletakkan barang di suatu tempat merupakan gejala umum kekurangan vitamin B12, yang juga dialami oleh penderita demensia. Gejalanya bisa jangka panjang atau jangka pendek, tergantung pada kompleksitas situasi Anda.

Lalu berapa banyak vitamin B12 harian yang harus Anda konsumsi? Jumlah vitamin B12 yang Anda butuhkan dalam sehari bervariasi dari usia. Jumlah rata-rata harian yang direkomendasikan, diukur dalam mikrogram (mcg) adalah:

Anak-anak usia 4-8 tahun: 1,2 mcg

Anak-anak usia 9-13 tahun: 1,8 mcg

Remaja usia 14-18: 2,4 mcg

Dewasa: 2,4 mcg

Wanita hamil dan menyusui: 2,6 mcg per hari jika hamil dan 2,8 mcg per hari jika menyusui.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Serupa Dengan Demensia, Ini 4 Gejala Kekurangan Vitamin B12

Selain Tanda Kekurangan Vitamin B12, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!