Indonesia Punya Potensi Sumber Radiasi Matahari yang Melimpah, Menteri ESDM Arifin Tasrif: PLTS Jadi Tulang Punggung Energi Bersih di 2060
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Indonesia yang berada di garis khatulistiwa memiliki potensi sumber daya radiasi matahari yang melimpah. Maka tidak heran jika Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) bisa menjadi tulang punggung untuk menyuplai energi bersih di Indonesia pada tahun 2060.

"Kami akan menggunakan tenaga surya untuk menjadi tulang punggung energi terbarukan," kata Menteri ESDM Arifin Tasrif dalam keterangan dikutip Antara, Senin, 14 Februari.

Berdasarkan perhitungan Kementerian ESDM, total potensi energi surya di Indonesia mencapai 3.294 gigawatt peak (GWp). Pemerintah akan memaksimalkan pemanfaatan potensi ini dengan membangun PLTS di kawasan perumahan, lapangan terbuka, savana hingga mengecualikan area hutan lindung.

Potensi besar itu juga didukung oleh radiasi matahari yang dapat mencapai lebih dari 3,75 kWh per meter persegi per hari, sehingga mampu membuat panel surya bekerja maksimal untuk menghasilkan listrik.

Lebih lanjut dia berharap peta jalan pembangunan energi terbarukan yang dimiliki oleh Indonesia saat ini bisa menarik minat investor untuk menamakan modal pada proyek setrum bersih.

"Ini adalah peta jalan yang telah kami rencanakan. Kami berharap ini bisa menarik investor untuk datang dan bergabung dengan proyek di Indonesia, karena target yang kami miliki cukup ambisius untuk bisa diterapkan," ucap Menteri ESDM Arifin Tasrif.

Dalam empat dekade ke depan, Indonesia membutuhkan investasi sebesar 169.703 juta dolar AS untuk membangun PLTS berkapasitas 361 gigawatt atau 61 persen dari total keseluruhan kapasitas energi bersih sebesar 587 gigawatt yang ditargetkan pada 2060 mendatang.