Lakukan Tips Berikut Ini Sebelum Membeli HP Secara Kredit Secara Online 
Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Dahulu, orang harus pergi ke toko atau pameran HP hanya untuk membeli HP. Hal ini terbilang membantu, namun tidak semua area dapat dijangkau. Salah satu penyebabnya adalah infrastruktur yang belum memadai.

Masalah tersebut dapat terselesaikan dengan digital. Hadirnya online shop dan marketplace memudahkan semua orang saat ingin membeli HP. Tidak hanya masalah pembelian, transaksi pun bisa dilakukan secara virtual. Anda bisa membeli secara tunai atau lewat kredit HP tanpa DP.

Tidak ada yang salah dengan membeli HP secara online. Kemudahan ini tentu membantu warga di kota besar yang terkendala kesibukan pekerjaan.

Berlimpahnya marketplace dan online shop di internet dapat membantu Anda memilih HP sesuai kebutuhan. Terkadang, tawaran diskon berdatangan membuat orang makin ingin membeli.

Namun, Anda perlu memperhatikan hal berikut sebelum membeli HP secara online.

1. Riset toko maupun reseller HP

Kehadiran marketplace membuat semua orang bisa berjualan dengan mudah. Saking banyaknya, orang bingung mau beli yang mana karena harga jualnya di bawah harga pasaran.

Walau menggiurkan, Anda perlu waspada ketika ada yang menjual HP dengan harga tidak wajar. Anda bisa riset terkait toko online maupun reseller yang menjual HP. Cari tahu apakah sudah sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

Membeli HP di tempat yang punya reputasi bagus jadi salah satu tempat yang direkomendasi. Pelayanan, fitur, deskripsi produk HP tersedia dan mudah diakses.

Lebih bagus lagi kalau tersedia toko fisik yang bisa Anda kunjungi. Dengan begitu, dapat meyakinkan Anda sebelum membeli HP secara online.

2. Tanyakan langsung lewat akun sosmed penjual

Jauh lebih enak apabila Anda bisa berinteraksi dengan admin sosmed penjual HP. Masih ada online shop yang terbuka dengan konsumen untuk masalah tanya-tanya.

Selain tahu fitur dan produk yang dijual, Anda lebih mudah komplain ketika terjadi kesalahan transaksi maupun pengiriman. Walaupun ada fitur aduan dari marketplace, namun harus menunggu waktu lebih lama.

Namun berbagai marketplace menyediakan fitur diskusi pada halaman penjualan, pertanyaan umum, message, serta fitur chat pertanyaan secara real time.

3. Perhatikan perbandingan fitur dan harga

Kemudahan internet memudahkan Anda mencari perbandingan harga HP yang dijual dipasaran. Temukan berbagai penjual HP lalu bandingan harga jualnya.

Cara termudah membandingkan harga HP adalah lihat harga jual resmi dari perusahaan lalu bandingkan dengan harga jual di marketplace.

Selain harga, Anda perlu melihat fitur dan spesifikasi yang diperlukan. Jangan sampai, sudah beli HP mahal-mahal tetapi tidak bisa digunakan. Sayang sekali bukan.

4. Beli di aplikasi resmi

Membeli HP lewat aplikasi resmi merupakan cara teraman untuk transaksi pembelian HP secara online. Harga jual aplikasi resmi biasanya lebih murah dari online shop lainnya.

Selain itu, faktor keamanan data dan kualitas pelayanan juga lebih baik daripada penjual online lainnya. Informasi customer service sampai lokasi toko fisik dapat dengan mudah Anda temukan.

5. Cek stok barang yang tersedia

Ketersediaan stok barang mempengaruhi siklus penjualan. Gampangnya, proses pembelian cepat terselesaikan ketika barang yang dijual masih ada.

Stok barang biasanya ditampilkan pada halaman website, marketplace, atau sosial media. Apabila dirasa meragukan, Anda bisa tanyakan stok HP yang tersedia.

Hal ini juga berlaku bagi Anda yang beli HP lewat dropshipper. Sebab, dropshipper baru bisa menjual setelah ada barang masuk. Oleh sebab itu, tanyakan estimasi waktu pengiriman barang sampai tempat Anda.

6. Perhatikan deskripsi barang sejelas mungkin

Sebelum memutuskan membeli HP secara online, cek deskripsi barang terlebih dahulu. Sebab, tiap produk memiliki spesifikasi berbeda-beda yang perlu Anda ketahui sebelum membeli.

Informasi deskripsi HP bisa Anda cari melalui artikel di internet sampai review di Youtube. Amati apa saja deskripsi yang ditampilkan. Lalu, cek apakah deskripsi tersebut sudah sesuai dengan yang Anda cari.

Satu hal yang tidak boleh lupa adalah kartu garansi. Apakah kartu garansi dilindungi garansi resmi ataupun distributor.

7. Manfaatkan promosi saat membeli HP

Membeli saat promo terbilang menguntungkan karena mampu menghemat pengeluaran Anda. Biasanya berbagai marketplace menyediakan berbagai promo menarik untuk menarik pelanggan.

Manfaatkan promo bulanan, hari raya, hingga libur nasional untuk membeli HP baru. Temukan jadwal promosi melalui akun sosial media dan situs resmi. Semua informasi terkait promo terlampir di sana.

Mengingat harga promo dilakukan selama waktu tertentu, Anda perlu menyiapkan uang jauh-jauh hari agar hasilnya untuk memudahkan transaksi.

Bagaimana dengan Anda yang puasa sosial media, manfaatkan email untuk berlangganan informasi terkait harga promo menarik. Salah satunya adalah Traveloka menyediakan fitur pay layer untuk kemudahan transaksi Anda.

8. Gunakan metode pembayaran yang familiar dengan Anda

Saat ini, metode pembayaran sangat beragam. Banyak pilihan yang bisa Anda gunakan seperti debet, transfer bank, kartu kredit, Paylater, hingga COD. Untuk pembayaran kredit HP tanpa DP, Anda bisa menggunakan Traveloka Pay Later.

Semua metode pembayaran memiliki kelebihan dan kekurangan. Anda bisa gunakan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Anda saat ini.

Jauh lebih penting untuk mengamati tata cara pembayaran masing-masing metode. Sebab, tidak sedikit kesalahpahaman muncul karena kurangnya pemahaman cara pembayaran.