Peluang Usaha UMKM yang Prospektif di Tahun 2022
Peluang Usaha UMKM (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Bicara cuan tentunya merupakan hal yang banyak dikejar oleh manusia, apalagi masyarakat Indonesia. Kali ini kita bakalan nmembahas tentang peluang usaha UMKM.

Sebelum ke daftar usaha kecil dan menengah yang dapat dicoba, kita perlu kenal dahulu apa itu cara model bisnis franchise.

Waralaba

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), franchise atau waralaba merupakan kerja sama dalam bidang usaha dengan bagi hasil sesuai dengan kesepakatan.

Dalam sumber yang sama, franchise atau waralaba juga diistilahkan sebagai adanya hak kelola dan hak pemasaran dan distribusi sebuah atau beragam komoditi.

Metode bisnis franchise dapat dicontohkan dengan produk asing atau nasional yang memberikan lisensi hak pemasaran ke pengusaha lokal seperti perusahaan Kentucky Fried Chicken (KFC), Coca Cola, Dunkin Donat, dan Pertamina terhadap SPBU.

Pihak yang menjalankan bisnis franchise diketahui sebagai franchisor atau dalam bahasa Indonesia disebut pewaralaba.

Profit dari bisnis franchise atau waralaba yakni adanya bagi profit sekalian mengurangi risiko usaha. Artinya, risiko usaha juga akan dibagi dengan pemilik paten komoditi.

Bagi pemberi hak pemasaran komoditi, metode franchise bisa membikin barang yang dijual lebih diketahui dan sanggup menjadi perluasan dan ekspansi usaha dengan gampang, murah, dan pesat.

Bahkan, orang yang membeli hak kelola komoditi orang lain tidak perlu lagi mengawali usaha dari nol. Pasalnya, pihak yang memberi franchise akan menolong bisnis dari permulaan.

Pemberi franchise dipastikan sudah memiliki SOP bisnis yang akan dibagikan serta akan menentukan pengembangan produk.

Peluang Usaha UMKM di Tahun 2022

Transaksi (Unsplash)

Usaha Menjahit

Dengan modal Rp 5 juta dan modal pengetahuan menjahit baju serta celana kostum, Anda dapat membuka usaha menjahit.

Terus mengenal trend kekinian dan menjalankan layanan ukur di rumah pelanggan dapat jadi alternatif supaya usaha menjahit dilirik oleh pelanggan.

Usaha laundry kiloan

Usaha dengan modal Rp 5 juta lainnya yakni membuka laundry kiloan. Anda dapat membuka dari rumah dengan menerapkan mesin cuci baru atau milik pribadi.

Dengan layanan antar-jemput dan memberi diskon di hari-hari tertentu dapat jadi sistem supaya usaha UMKM ini dapat yang pertama dilirik oleh pelanggan.

Usaha catering rumahan sehat

Membuka UMKM dengan modal Rp 5 juta dapat dikerjakan dengan usaha catering rumahan sehat. Anda perlu melatih diri kecuali mahir mengolah kuliner, juga mengenal menu sehat untuk diet tertentu.

Sejumlah usaha catering rumahan telah banyak dibuka. Tapi, belum banyak yang membuka menu sehat untuk diet kesehatan tubuh dengan sejumlah layanan pengantaran.

Usaha Toko Sembako

Warung Sembako mini dengan harga grosir sekarang masih diperlukan di sejumlah spot pinggiran kota. Dengan modal Rp 5 juta, Anda dapat membukanya di sekitar perumahan Anda.

Malahan, rumah Anda dapat jadi lokasi jual-beli sembako apabila memungkinkan. Jika kios sembako di rumah telah berkembang, Anda dapat berpikiran untuk membuka cabang dengan cara franchise di lain lokasi.

Jadi setelah mengetahui peluang usaha UMKM, Simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!