PUPR Catat Realisasi Belanja Infrastruktur Sepanjang 2022 Capai 93,6 Persen
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mencatat realisasi belanja infrastruktur sepanjang tahun 2022 mencapai 93,6 persen, dengan penggunaan produk dalam negeri sebesar 93,4 persen.

"Kementerian PUPR komitmen dalam pengadaan penggunaan Produk Dalam Negeri untuk mengantisipasi inflasi," kata Menteri Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 3 Januari.

Basuki menekankan pentingnya penggunaan komponen produk dalam negeri untuk menjaga pergerakan ekonomi nasional.

Tercatat, sesuai data emonitoring hingga akhir Desember 2022, dari total pagu anggaran 2022 sebesar Rp125,9 triliun, realisasi penyerapan anggaran program belanja Kementerian PUPR mencapai Rp117,9 triliun atau 93,6 persen.

Sedangkan capaian penggunaan program dalam negeri untuk belanja infrastruktur PUPR 2022 sebesar 93,4 persen atau mencapai Rp112 triliun dari rencana Rp120 triliun.

Dari progres tersebut, Kementerian PUPR mencatat sejumlah infrastruktur yang telah diresmikan sejak Januari hingga Juli 2022.

Pertama, untuk Infrastruktur Bidang Sumber Daya Air (SDA), seperti Bendungan Randugunting di Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Bendungan Bintang Bano dan Bendungan Beringib Sila di Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat.

Kemudian, Bendungan Semantok di Jawa Timur, Bendungan Kering Ciawi dan Sukamahi, Bendungan Sadawarna, Embung Kedung Sambi dan Embung Sumingkir di Jawa Tengah, dan Pusat Persemaian Modern Rumpin di Jawa Barat.

Selanjutnya, di bidang Jalan dan Jembatan, diantaranya Jembatan Gantung Girpasang di Kabupaten Klaten Jawa Tengah, Jalan Bypass – Balige (KSPN Danau Toba), Jalan Tol Binjai – Langsa Seksi 1 Binjai – Tsabat, Jalan Tol Manado – Bitung Seksi 2B Danowudo – Bitung, Jembatan Ploso di Kabupaten Jombang Jawa Timur, serta Jalan Lingkar Brebes – Tegal Jawa Tengah.

Sementara di bidang Permukiman/Cipta Karya yang sudah diresmikan, antara lain Rehabilitasi SDN Nglinduk 3 di Kabupaten Grobogan Jawa Tengah, Revitalisasi Pasar Johar Kota Semarang Jawa Tengah, Penataan Kawasan Pantai Bebas di Kabupaten Simalungun Sumatera Utara, Penataan Kawasan Pulau Rinca, serta Penataan Kawasan Pantai Marina (KSPN Labuan Bajo).

Terakhir, di bidang Perumahan yang sudah diresmikan Kementerian PUPR pada 2022, yakni Rusun Ponpes Al Quran Azzayadiy di Sukoharjo Jawa Tengah dan Rusun Yayasan Bhakti Bapak Emak di Jombang Jawa Timur.