Cara Sukses Jualan Online Bagi Pemula
Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Perkembangan teknologi dan internet telah mengubah gaya hidup manusia sekarang ini. Pasalnya sekarang ini, masyarakat lebih banyak berbelanja online dari pada datang ke supermarket, sehingga perubahan ini menjadi peluang usaha baru.

Media sosial, situs web, dan blog gratis dapat membantu kamu menjual secara online lebih cepat. Nah, bagi kamu yang sedang mempertimbangkan untuk memulai bisnis, berikut beberapa tips bisnis online yang bisa langsung kamu lakukan.

Dilansir dari berbagai sumber ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk memulai bisnis online untuk pemula, di antaranya:

1. Tentukan produk yang akan dijual

Ketika berbicara tentang produk, kamu bebas menentukan apa yang ingin dijual. Namun, tidak semua produk bisa dijual lho, apalagi secara online. Hal pertama yang harus kamu pikirkan adalah meneliti konsep pasar dan memutuskan produk seperti apa yang ingin dijual.

Jika masih bingung, berikut beberapa cara yang bisa dicoba:

a. Memilih produk yang dapat memecahkan masalah pelanggan

Pada titik ini, kamu perlu mengetahui apa yang sebenarnya diinginkan pelanggan. Misalnya alat pembersih bulu kucing. Alat ini cukup unik dan kemungkinan besar dibutuhkan oleh orang yang memiliki hewan peliharaan, terutama yang berbulu.

b. Temukan produk yang disukai banyak orang

Kamu dapat mencari terlebih dahulu produk yang mungkin sangat diminati. Produk tersebut biasanya dapat berupa makanan atau kebutuhan sehari-hari. Namun, kamu perlu bersiap menghadapi banyak pesaing.

c. Menarik bagi penghobi

Jika kamu memiliki hobi dan bergabung dengan komunitas, maka kamu dapat menikmati sambil berjualan. Misalnya, bagi pemancing, tidak ada salahnya mencoba menjual perlengkapan alat pancing. Karena biasanya orang yang hobi tidak masalah berinvestasi untuk mendapatkan produk yang diinginkan.

d. Mengikuti trend

Memahami proses trend pada waktu yang tepat bisa menjadi kemenangan besar bagi kamu. Karena bisa menjadikan kamu sebagai orang pertama, sehingga bisa mempengaruhi kepercayaan pelanggan.

e. Mengidentifikasi jenis pasar

Bagian ini adalah sesuatu yang tidak boleh dilupakan. Dengan mengenali jenis pasar atau tipe pelanggan, maka dapat memudahkan dalam menemukan produk yang kamu jual. Misalnya, jika kamu memiliki produk berupa alat make up, maka kamu bisa fokus pada pelanggan wanita.

Dengan berfokus pada sektor peralatan kecantikan, maka target segmen pelanggan kamu dapat terjalin dengan baik.

2. Buat situs web untuk toko

Dengan memiliki website resmi sendiri, maka kamu bisa langsung menarik pelanggan. Situs web juga memberikan kredibilitas pada bisnis kamu dan membuatnya terlihat profesional. Pelanggan waspada terhadap produk atau layanan perusahaan yang tidak dapat ditemukan secara online.

Oleh karena itu, memiliki website toko resmi memberikan jaminan kepada pelanggan bahwa mereka harus mempercayai produk yang kamu jual. Namun, situs web harus bagus. Jika hanya website yang tidak terawat, pelanggan tidak akan mempercayai bisnis kamu. Selain itu, website juga bisa memberi kamu peluang untuk menjangkau pasar yang besar.

3. Gunakan e-commerce

Menggunakan toko online atau e-commerce dapat membantu kamu meningkatkan penjualan secara efektif dengan menyederhanakan proses bisnis dan pengiriman barang. Menggunakan jasa e-commerce juga bisa menguntungkan orang lain.

Kamu sebagai penjual dan pelanggan sebagai pembeli. Karena dapat lebih menghemat waktu dan tenaga. Selain itu, dengan berbagai fitur yang ditawarkan e-commerce maka kamu juga dapat memantau toko kamu dan menjual produk.

4. Manfaatkan media sosial

Tidak cukup membahas penjualan online tanpa media sosial. Seperti yang kamu ketahui, media sosial memiliki banyak pengguna. Ini memungkinkan kamu untuk memiliki lebih banyak pelanggan terbuka. Selain itu, banyak media sosial seperti Instagram dan Facebook juga memiliki fitur yang memungkinkan kamu menjual produk langsung ke pelanggan.

Hal ini dapat dilakukan melalui pesan langsung (direct message/DM) atau menggunakan fitur khusus dari media sosial itu sendiri. Instagram adalah salah satu media sosial yang bisa kamu coba. Selain umum, fitur-fiturnya sangat cocok untuk mereka yang ingin berjualan online.

Namun, penggunaan media sosial tidak terbatas pada penjualan. Kamu dapat memulai bisnis dengan mengunggah konten menarik seperti video atau gambar. Ini dapat dengan cepat membuat orang mengetahui bisnis atau produk.

Selain itu, dengan menggunakan media sosial, kamu juga dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan. Kamu bisa membangun relasi dengan mereka, misalnya dengan membuat konten interaktif berupa permintaan feedback produk atau menanggapi feedback mereka atas konten yang kamu upload.

5. Jadikan toko mudah ditemukan

Agar toko kamu lebih mudah ditemukan, munculkan di pencarian Google. Namun, hal itu tidak bisa serta merta dilakukan. Google Business mengatakan, kamu dapat melakukannya dengan cara berikut:

Daftarkan situs web Anda dengan Google Search Console

a. Gunakan Google Console

Dengan menggunakan GSC, maka kamu dapat dengan mudah mengoptimasi website bisnis di pencarian Google. Kamu juga dapat mengetahui berapa banyak orang yang mengunjungi, mengklik, bahkan menganalisis perangkat yang mereka gunakan saat masuk ke situs web atau toko.

b. Gunakan Google Bisnisku

Menggunakan Google Bisnisku memudahkan pelanggan menemukan informasi tentang bisnis. Seperti alamat lengkap pada produk yang dijual. Selain itu, kamu juga memantau pelanggan dan mengobrol langsung dengan fitur dan detail status.

c. Terapkan Digital Marketing

Selain menggunakan GSC dan Google Business, maka kamu dapat menggunakan Google Trends untuk meningkatkan proses riset produk online. Dengan menggunakan Google Trends, maka kamu dapat mengetahui trend yang sedang trend saat ini.

Jadi kamu bisa menggunakan kata kunci yang berbeda dan mengaitkannya dengan produk yang kamu jual. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan blog dan website toko kamu untuk menarik perhatian pelanggan sekaligus mempromosikan produk.

6. Jadikan toko terlihat bagus

Kamu bisa mulai dengan mengedit foto produk yang kamu jual agar lebih detail. Ini dapat dilakukan dengan mengambil banyak foto berbeda dari produk hingga penggunaan model atau alat peraga. Selanjutnya, buat logo untuk merek bisnis. Logo ini bisa menjadi fitur yang memudahkan pelanggan untuk mengingat toko.

Selain itu, kamu juga bisa membuat deskripsi produk yang dijual dengan bahasa yang menarik. Salah satu caranya adalah dengan menambahkan sesuatu yang menyenangkan atau unik pada produk yang dijual. Sebagai contoh, Tas travel yang bagus dan berguna untuk orang yang suka bepergian. Kapasitasnya cocok untuk menyimpan dompet, handphone dan alat lainnya. Ada juga fitur kantong tersembunyi yang aman untuk menyimpan barang-barang penting

Tentunya untuk memasarkan bisnis online kamu membutuhkan modal untuk operasional, namun jika kamu mengalami masalah terkait dengan modal, maka kamu bisa mengajukan pinjaman kepada lembaga pembiayaan seperti BFI Finance.

Dengan mengajukan pinjaman gadai BPKB mobil atau gadai BPKB motor maka kamu bisa mendapatkan modal usaha dengan proses yang cepat dan mudah. Selain itu, bunga yang bersaing, tidak akan memberatkan nasabahnya.

Itulah beberapa tips sukses jualan online bagi pemula, sehingga kamu tidak salah langkah dan mengalami kerugian, selamat mencoba!

Terkait