Muamalat Pacu Literasi Keuangan Syariah di Bulan Ramadan
Foto: Dok. Bank Muamalat

Bagikan:

JAKARTA – PT Bank Muamalat Tbk. bersama Muamalat institute disebut semakin gencar memperluas upaya literasi keuangan dan ekonomi syariah di bulan Ramadan 2023. Disebutkan bahwa langkah ini sekaligus membuka jalan untuk semakin memperdalam inklusi keuangan di masyarakat.

SEVP Human Capital PT Bank Muamalat Riksa Prakosomengatakan pihaknya terus mendorong peningkatan pengetahuan sektor ekonomi syariah, salah satunya dengan cara media digital.

“Kami terus bergerak menjadi perbankan syariah yang tangguh yang berorientasi pada aspek-aspek keberlanjutan sesuai pilar lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG) untuk memberikan layanan keuangan yang inklusif bagi masyarakat,” ujarnya dalam keterangan tertulis pada Minggu, 2 April.

Menurut Riksa, salah satu implementasi nyata adalah melalui dari program Tahfidz Quran bagi pengemudi ojek online dan masyarakat melalui hafalan Quran serta buka puasa bersama.

“Kami menyediakan fasilitas pembukaan rekening gratis dan aktivasi mobile banking bagi peserta yang berhasil menghafal ayat suci Al Quran,” tuturnya.

Riksa menambahkan, melalui acara ini, diharapkan semakin banyak masyarakat yang paham terkait produk perbankan syariah.

“Poin penting dari kegiatan sosial ini adalah sebagai mendukung peningkatan literasi dan inklusi melalui hafalan Quran serta menjadi dukungan bagi masyarakat untuk memahami dan menggunakan produk perbankan syariah,” tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Muamalat Institute Anton Hendrianto mengungkapkan bahwa momentum Ramadan kita gunakan untuk mendapatkan keberkahan melalui baca Quran dan sarana literasi kepada masyarakat sekitar sebagai bentuk tanggung jawab sosial

“Muamalat Institute dan Bank Muamalat Indonesia mengharapkan inisiasi ini bisa menjadi pendorong munculnya tahfidz-tahfidz Quran,” kata Anton.

Adapun, bank syariah pertama di Indonesia itu melakukan kegiatan sosialnya di kantor Muamalat Institute, Tanjung Duren Raya, Jakarta Barat pada akhir pekan ini.