Tak Perlu Pakai Jalur Gaib, Begini Cara Menggandakan Uang yang Aman di Rumah
Ilustrasi. (Irfan Meidianto/VOI)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Pernahkah Anda terpikir untuk melipatgandakan uang dengan menggunakan jalur gaib? Jika pernah, lebih baik Anda membuang jauh-jauh pikiran tersebut. Pasalnya jalur gaib tidak termasuk ke dalam cara menggandakan uang yang aman.

Alih-alih bertambah banyak, harta kekayaan yang ingin Anda lipatgandakan justru bakal berkurang. Selain itu, Anda juga punya risiko terjebak dalam modus penipuan.

Nah, ketimbang menempuh jalur gaib, lebih baik Anda menerapkan cara menggandakan uang yang aman di rumah. Kendati butuh kesabaran, uang Anda dipastikan akan berlipat ganda.

Lantas, bagaimana cara menggandakan uang yang aman? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Cara Menggandakan Uang yang Aman di Rumah 

  1. Investasi saham

Berinvestasi pada saham bakal memberikan keuntungan untuk para investor. Ada dua sumber keuntungan yang bisa didapatkan oleh investor saat berinvestasi saham, yaitu capital gain dan dividen.

Dikutip dari laman Sikapiuangmu OJK, capital gain adalah selisih antara harga beli dan harga jual suatu saham. Keuntungan ini bakal Anda peroleh jika melakukan transaksi jual beli saham yang dimiliki dimana kondisi harga beli lebih rendah dibandingkan dengan harga jual.

Sementara dividen merupakan pendapatan yang dibagikan kepada pemegang saham secara regular. Anda akan mendapatkan dividen jika menyimpan saham dalam jangka waktu yang lama. Dividen biasanya dibagikan setiap satu tahun sekali atau dalam jangka waktu tertentu, tegantung kebijakan masing-masing perusahaan.

  1. Investasi Emas

Cara menggandakan uang yang berikutnya adalah dengan membeli logam mulia emas. Emas disebut sebagai instrumen investasi yang tahan atau tidak terkena inflasi. Emas memiliki nilai yang membuat harganya tidak turun drastis dan bisa terus naik.

Emas hanya mengalami perubahan statis dalam jangka pendek. Oleh karena itu, instrumen investasi ini cocok dipilih oleh pemula. Dengan profil risiko yang rendah, investor pemula tidak perlu mencemaskan potensi kerugian.

  1. Deposito

Deposito adalah simpanan yang pencairannya hanya dapat dilakukan pada jangka waktu tertentu dan syarat-syarat tertentu. Deposito termasuk ke dalam salah satu cara menggandakan uang yang aman di rumah.

Cara menggandakan uang dengan deposito sangat mudah. Anda hanya perlu menyimpan sejumlah uang di bank dengan jangka waktu yang sudah disepakati.

Deposito bisa dilakukan dengan melakukan transaksi minimal lima juta rupiah dalam jangka waktu 1, 3, 6, 12, dan 24 bulan.

Deposito tergolong ke dalam investasi beresiko rendah. Hanya saja, imbal hasil atau return yang didapat cenderung lebih kecil.

  1. Investasi SBN

Sama dengan ketiga jenis investasi di atas, investasi Surat Berharga Negara (SBN) juga tergolong ke dalam cara menggandakan uang yang aman di rumah.

Jika Anda seorang pemula, investasi SBN bisa menjadi pilihan yang tepat. Pasalnya investasi ini memiliki risiko yang sangat kecil, namun nilai finansialnya sangat stabil.

Sampai saat ini, belum pernah ditemukan kasus pembayaran imbalan yang gagal atau terlambat dibayar.

Ada dua jenis investasi SBN, yakni surat utang negara (SUN) dan surat berharga syariah negara (SBSN).

SUN berfungsi sebagai transaksi konvensional. SUN terdiri dari surat perbendaharaan negara (SPN) dan obligasi negara (ON).

Sementaara SBSN adalah surat utang yang diterbitkan sesuai dengan prinsip hukum syariah Islam.

Demikian informasi tentang cara menggandakan uang yang aman di rumah. Dengan cara tersebut bisa membuat Anda terhindar dari aksi penipuan penggandaan uang dengan modus jalur gaib.  Untuk mendapatkan berita menarik lainnya, baca terus VOI.ID. Kami menghadirkan informasi paling update baik nasional maupun internasional.