Pengiriman Uang PMI dari Malaysia Meningkat Selama Ramadan, Capai Rp1 Triliun
Arsip - Suasana pelayanan di fasilitas pengiriman uang di Bank BRI di Kuala Lumpur, Malaysia. (Dok. ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Jumlah pengiriman uang pekerja migran Indonesia (PMI) dari Malaysia selama Ramadan 2023 melalui BRIfast Remittance mencapai Rp1 triliun, demikian diungkapkan Country Manager BRI Malaysia, Bagus L Maestoso. 

Jumlah ini meningkat 125 persen dibandingkan bulan sebelumnya dan tumbuh sebesar 107 persen dari tahun ke tahun (yoy). 

Bagus menyatakan bahwa tren peningkatan volume transaksi dimulai sejak awal puasa dan terus meningkat hingga H-2 Idul Fitri, seiring dengan tingginya keinginan para PMI untuk mengirimkan uang ke kampung halaman untuk mempersiapkan Lebaran keluarga mereka.

Keamanan dan kelancaran proses pengiriman uang menjadi pertimbangan utama para PMI di Malaysia.

“Bank BRI di Malaysia bekerja sama dengan mitra-mitra resmi yang menyediakan layanan pengiriman uang yang andal dan real time, jadi PMI tidak perlu khawatir, uangnya pasti sampai dengan cepat,” kata dia.

Bagus memperkirakan transaksi pengiriman uang dari Malaysia ke Indonesia akan terus meningkat seiring dengan kondisi sosial ekonomi yang semakin baik di Malaysia dan adanya peningkatan upah minimum di tahun 2022.

Para pekerja migran Indonesia di Malaysia, seperti Ila (42 tahun), merasa kebutuhan semakin meningkat selama bulan puasa dan menjelang Lebaran. 

“Setiap bulan saya kirim uang ke Indonesia biasanya Rp3 juta untuk kebutuhan anak-anak dan keluarga di kampung. Kalau mau Lebaran kirim uang lebih besar sekitar Rp7 juta buat beli baju, kue dan makanan,” kata Ila, dikutip dari ANTARA, Sabtu, 29 April.