Cara Mengelola Keuangan Usaha untuk Kemajuan Bisnis, Kerap Diabaikan Pebisnis
Ilustrasi mengelola keuangan usaha (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Pengelolaan keuangan usaha merupakan salah satu aspek penting dalam bisnis. Dengan pengelolaan keuangan yang baik, maka operasional bisnis dapat berjalan dengan lancar dan maksimal. Namun mengatur keuangan dalam bisnis lebih rumit dibanding manajemen finansial pribadi. Lantas bagaimana cara mengelola keuangan usaha yang tepat?

Setiap bisnis dituntut untuk menerapkan pengelolaan keuangan yang baik. Keuangan adalah hal yang krusial bagi berjalannya bisnis dan pendorong kesuksesan sebuah usaha. Sebanyak apapun omset yang dihasilkan oleh bisnis Anda, akan jadi percuma jika tidak didukung dengan pengelolaan keuangan yang tepat. Cara mengelola keuangan usaha sebenarnya tidak sulit, asalkan Anda memahami langkah-langkahnya. 

Cara Mengelola Keuangan Usaha

Ada beberapa tips yang dapat Anda terapkan untuk mengatur keuangan bisnis. Berikut ini cara mengelola keuangan usaha yang dapat dipraktikkan untuk bisnis Anda. 

Susun Perencanaan Keuangan

Tahap pertama yang perlu Anda lakukan untuk mengatur keuangan bisnis adalah dengan membuat budgeting. Jadi Anda perlu terlebih dahulu membuat perencanaan keuangan usaha secara umum. Ada beberapa aspek yang perlu Anda masukkan dalam  budgeting, seperti rencana usaha jangka panjang dan jangka pendek, pembuatan produk, pemasaran produk, dan lainnya. 

Memisahkan Keuangan Pribadi dan Bisnis

Saat menjalankan usaha, Anda perlu memisahkan keuangan pribadi dengan keuangan bisnis. Langkah ini dilakukan untuk membuat arus keuangan Anda menjadi rapi dan memudahkan Anda memantau kondisi keuangan usaha. Jadi Anda dapat membuat rekening terpisah yang diperuntukkan khusus keuangan bisnis Anda. 

Mencatat Arus Pemasukan dan Pengeluaran

Langkah selanjutnya adalah mencatat seluruh pemasukan dan pengeluaran. Langkah ini dapat Anda lakukan dalam pembukuan khusus usaha. Dengan pencatatan cash flow, Anda bisa melacak keuntungan dan kerugian serta mengevaluasi kesehatan Anda.

Mematuhi Wajib Pajak

Pemilik bisnis juga perlu memperhatikan kewajiban membayar pajak. Jadi jangan sampai menyibukkan mengurus operasional usaha, sampai lupa adanya tanggungan pajak. Anda harus memasukkan kewajiban bayar pajak ke dalam budgeting. Dengan taat pajak, bisnis Anda akan lebih aman secara administrasi atau perizinan. 

Menyiapkan Dana Cadangan

Hal yang tak boleh dilupakan dalam mengelola keuangan bisnis adalah menyiapkan dana cadangan. Dana cadangan berguna untuk mengantisipasi risiko atau kondisi buruk yang mungkin bisa menimpa bisnis Anda di kemudian hari. 

Demikianlah ulasan tips cara mengelola keuangan usaha secara tepat. Pengelolaan keuangan yang baik wajib dilakukan oleh setiap bisnis karena berperan penting mendukung kelancaran operasional dan mendorong kemajuan bisnis.