Cara Faktur di TikTok Shop dan Jenis-jenis Resi yang Harus Dipahami Seller
TikTok Shop (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Hadirnya fitur TikTok Shop terbukti mampu meningkatkan tren penggunaan aplikasi TikTok. Fitur TikTok Shop bisa digunakan oleh kreator untuk menawarkan produk atau barang dagangannya secara live streaming. Bahkan aplikasi asal China ini juga memungkinkan seller untuk membuat faktur atau bukti tagihan pembelian. Lantas bagaimana cara faktur di TikTok Shop?

Fitur TikTok Shop disediakan untuk mewadahi aktivitas jual beli secara online bagi penggunanya. Melalui fitur ini pengguna bisa mencari toko atau produk yang diinginkan, sebagaimana di marketplace. Online shopping di TikTok shop semakin digemari karena proses pembelian dan transaksinya yang mudah. 

Untuk memberikan kenyamanan dan keamanan penggunanya dalam belanja online, terdapat juga fitur bagi seller untuk mencetak faktur atau invoice. Lantas bagaimana cara faktur di TikTok Shop untuk membuat bukti tagihan pembelian. 

Jenis Faktur di TikTok Shop

TikTok Shop sebagai tempat jual beli online yang sedang digemari, juga telah menghadirkan fitur-fitur menarik demi meningkatkan keamanan dan kepercayaan penggunanya. Salah satunya adalah fitur pembuatan faktur atau bukti tagihan pembelian. 

Faktur merupakan salah satu dokumen penting sebagai bukti bahwa aktivitas jual beli bersifat aman dan terpercaya. Faktur berisi rincian pembelian kepada konsumen, mulai dari tagihan transaksi, pengiriman, hingga layanan. Ada beberapa jenis faktur yang di TikTok Shop yang populer dan perlu Anda tahu sebagai berikut.

Faktur Pembelian

Faktur pembelian merupakan jenis faktur yang paling dikenali oleh pengguna TikTok Shop. Faktur ini berisi rincian mengenai barang yang dibeli oleh pelanggan, mulai dari nama produk, harga unit, jumlah item, jumlah total yang harus dibayarkan, hingga metode pembayaran yang dipilih. 

Faktur pembelian akan dikirim secara otomatis ke email pelanggan setelah transaksi pembelian berhasil diselesaikan. Selain itu, pelanggan juga bisa mengunduh faktur ini melalui fitur download di aplikasi TikTok. Faktur ini perlu disimpan karena dapat digunakan untuk klaim garansi dan pengembalian barang jika tidak sesuai dengan keterangan awal. 

Faktur Pengiriman

Faktur pengiriman disediakan bagi pelanggan yang membeli barang fisik. Faktur in berisi informasi tambahan yang berhubungan dengan pengiriman barang, meliputi alamat pengirim lengkap, tanggal pengiriman, nomor resi atau pelacakan, dan perusahaan pengirim. Dengan adanya faktur ini, pelanggan bisa melacak status pengiriman barang yang mereka beli. 

Faktur layanan

TikTok Shop tidak hanya menjual barang atau produk fisik, namun juga bisa ditemukan berbagai layanan seperti konsultasi, kelas online, hingga langganan premium. Untuk pembelian layanan atau jasa, TikTok Shop menyediakan faktur layanan yang berbeda. Faktur ini berisi rincian mengenai jenis layanan, meliputi layanan yang dibeli, biaya langganan atau tarif, periode langganan, serta informasi kontak yang bisa diakses jika diperlukan. 

Print Faktur di TikTok Shop

Pihak TikTok telah menyediakan aplikasi TikTok Shop Seller yang bisa diunduh di smartphone. Melalui aplikasi tersebut, seller atau pemilik bisnis bisa berjualan ,serta mengakses dan mengelola pesanan dengan mudah. Salah satunya yakni dalam membuat faktur atau bukti pembelian kepada pelanggan. 

Setelah transaksi pembelian sudah diselesaikan oleh pembeli, maka seller harus segera memproses pengiriman barang. Semakin cepat Anda mengirim barang maka pelanggan akan semakin percaya dan merasa puas dengan layanan Anda. Supaya lebih praktis saat pengiriman barang, Anda perlu mencetak faktur pengiriman. 

Biasanya pihak ekspedisi juga mengharuskan paket barang yang dikirim sudah ditempeli dengan label atau keterangan pengiriman. Seller bisa mencetak atau print faktur di TikTok Shop secara masal dan memiliki ekspedisi yang akan digunakan. TikTok Shop sudah memiliki sistem otomatis untuk menghasilkan faktur begitu transaksi barang diselesaikan. 

Demikianlah ulasan mengenai cara faktur di TikTok Shop yang harus dipahami oleh seller atau pemilik bisnis. Adanya fitur pembuatan faktur sangat bermanfaat bagi seller maupun buyer dalam hal meningkatkan kepercayaan dan keamanan jual beli online. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.