Apa Itu Tabungan Valas: Yakin Enggak Ingin Coba?
Apa Itu Tabungan Valas (Gambar Christine Roy - Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Tabungan valuta asing sangat berguna, baik buat dikala ini serta di masa depan.

Tabungan valuta asing (valas) sering dijadikan selaku alternatif simpanan untuk sebagian orang, paling utama untuk yang suka berbelanja produk luar negara.

Alasannya, tabungan ini tidak memakai mata uang rupiah, tetapi malah menggunakan mata uang asing selaku tipe simpanannya.

Tidak perlu cemas, tabungan valas telah dipastikan oleh Lembaga Penjamin Simpanan, sehingga nyaman serta tidak begitu berisiko.

Tetapi pertanyaannya, apa faedah memakai tabungan valuta asing? Ayo ikuti selengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Tabungan Valas

Pengertian tabungan valuta asing merupakan produk yang ditaruh dalam wujud mata uang dari luar negara.

Dalam perihal ini, Sobat OCBC NISP berarti bisa mempunyai tabungan berbentuk mata uang asing dari bermacam negeri, semacam dolar, Lbs Sterling, Euro, Yuan, Yen, serta sebagainya.

Di samping menabung duit rupiah seperti lazimnya, tabungan valuta asing merupakan simpanan yang dapat dijadikan alternatif.

Tidak hanya bisa memberikan keuntungan, tabungan valuta asing menawarkan nilai tukar kompetitif serta memudahkan dalam transaksi internasional.

Ada pula lembaga yang melindungi tabungan valuta asing merupakan Lembaga Penjamin Simpanan( LPS). Dengan proteksi tersebut, menabung valuta asing risikonya kecil.

Manfaat Tabungan Valuta Asing

Ada sebagian manfaat dari tabungan valas yang dapat Sobat OCBC NISP rasakan, baik buat dikala ini ataupun nantinya di masa mendatang.

Berikut ini merupakan beberapa keuntungan dari mempunyai tabungan valuta asing:

  • Gampang Melaksanakan Transaksi Internasional

Bila Kalian menempuh usaha di bidang ekspor serta impor ataupun sejenisnya, hingga dengan terdapatnya tabungan valas, transaksi dapat lebih gampang.

Karena, bila telah mempunyai rekening valuta asing, transaksi antarnegara yang lagi Kalian jalankan prosesnya dapat lebih efisien serta efektif.

  • Tidak Terpengaruh Fluktuasi Rupiah Dikala Membeli Barang Impor

Kala mata uang Rupiah lagi melemah terhadap dolar Amerika Serikat, hingga biasanya bakal berakibat pada peningkatan harga barang impor.

Bila Kalian mempunyai tabungan valuta asing, perihal tersebut tidak bakal jadi permasalahan, sebab Kalian dapat senantiasa belanja benda impor dengan harga murah.

Valuta asing susah terkena dampak penyusutan nilai mata uang. Ini bakal sangat berguna, paling utama apabila valas Kalian dari negeri yang keadaan ekonominya cenderung normal.

  • Kemudahan Transaksi Dikala Bepergian ke Luar Negri

Tabungan valuta asing merupakan perihal yang sangat berguna kala Kalian bakal bepergian ke luar negeri.

Alasannya, transaksi di negeri tujuan dapat dilakukan dengan gampang serta kilat sebab nilai mata uangnya telah cocok.

Tetapi, Kalian butuh menabung valas sesegera mungkin. Ini bermanfaat buat mengestimasi terbentuknya peningkatan nilai mata uang di negeri tujuan.

  • Dapat Jadi Investasi Cadangan

Bila Kalian mempunyai instrumen investasi berisiko besar, hingga langkah bijak yang butuh dilakukan yakni mempersiapkan cadangan.

Salah satu cadangan investasi yang bisa Kalian pertimbangkan ialah rekening valuta asing, sebab kurs mata uang asing tiap tahunnya cenderung menguat.

Dengan demikian, Kalian bisa mendapatkan keuntungan optimal dalam berinvestasi serta tidak butuh takut bila instrumen yang lain alami kerugian.

  • Gampang Ditarik dikala Terdapat Keperluan Darurat

Seperti tabungan konvensional ataupun Rupiah pada biasanya, valas sangat gampang ditarik apabila sewaktu- waktu terdapat kebutuhan darurat. Kalian cuma tinggal menukarkan valas dengan Rupiah.

Tidak hanya itu, Kalian pula tidak butuh mengkhawatirkan gejolak kurs mata uang asing pada simpanan yang dipunyai, sebab kurs mata uang asing nilainya cenderung normal.

  • Menunjang Persiapan Pendidikan Anak di Luar Negeri

Apakah Kalian berencana mempersiapkan studi anak di masa depan ke luar negeri? Bila demikian, tabungan valuta asing merupakan perihal yang dapat dipertimbangkan selaku medium penyimpanan.

Nantinya, tabungan ini dapat berguna buat membiayai bermacam perihal, mulai dari pembayaran sekolah ataupun kuliah, bayaran sewa tempat tinggal, sampai kebutuhan tiap hari. 

Jadi setelah mengetahui apa itu tabungan valas, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!