Mengenal Valuta Asing Mata Uang Internasional, Bagaimana Sistem Pemakaiannya?
Ilustrasi mengenal valuta asing (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Valuta asing (Valas) memiliki peran penting dalam dunia perekonomian atau transaksi keuangan skala internasional. Istilah Valas sudah cukup familiar bagi orang-orang yang kerap melakukan transaksi di luar negeri. Namun masih banyak orang awam yang belum mengenal valuta asing dan fungsinya. 

Valuta asing juga memiliki peran penting dalam perdagangan internasional. Valas diakui sebagai mata uang yang dipakai dan diterima sebagai alat pembayaran internasional. Pada dasarnya, valas merupakan salah satu instrumen dalam pasar saham nasional maupun internasional. 

Transaksi valas dilakukan untuk menukar satu mata uang dengan mata uang lain, sehingga permintaan tersebut menciptakan peluang jual beli untuk mendapatkan keuntungan dan investasi. Lantas apa itu valas dan bagaimana sistem transaksinya?

Mengenal Valuta Asing

Valuta asing merupakan mata uang yang diakui dan dipakai untuk transaksi skala internasional. Valas bisa digunakan sebagai alat pembayaran yang sah untuk perdagangan internasional. Namun tak semua mata uang asing dapat dipakai sebagai valas. Mata uang valas harus termasuk dalam kelompok hard currency (mata uang yang nilainya kuat terhadap lainnya). 

Umumnya mata uang hard currency berasal dari negara-negara maju yang memiliki pengaruh ekonomi cukup besar di dunia atau terhadap negara–negara lainnya. Contoh mata uang yang termasuk valas, yaitu Dollar (Amerika Serikat), Euro, dan Yen (Jepang). 

Selain itu, valas juga menjadi bagian dari devisa negara atau kekayaan negara yang berada di luar negeri. Wujud devisa tersebut dapat berupa barang, jasa maupun mata uang. Jadi semakin sering mata uang suatu negara dipakai untuk bertransaksi valas maka kian menguntungkan bagi negara tersebut. 

Valuta asing juga dikenal dalam dunia investasi, yaitu pasar valas (foreign exchange market). Pasar valas mempertemukan pembeli dan penjual mata uang asing, untuk melakukan penawaran dan permintaan. Kegiatan jual beli valas ini dilakukan di bursa valas yang diselenggarakan oleh pihak bank maupun di tempat penukaran uang (money changer).

Apakah Rupiah Termasuk Valas?

Banyak yang bertanya-tanya apakah rupiah mata uang Indonesia termasuk dalam valuta asing. Rupiah merupakan mata uang yang masih terbilang lemah atau belum bersifat hard currency, sangat jarang digunakan untuk alat pembayaran internasional. Rupiah tercatat sebagai mata uang soft currency. 

Sistem Valuta Asing

Valuta asing dibutuhkan ketika seseorang ingin melakukan jual beli atau transaksi dengan partner dari luar negeri. Valas banyak digunakan misalnya untuk keperluan ekspor dan impor. Mata uang yang dipakai untuk transaksi harus bersifat resmi dan disepakati oleh kedua belah pihak. 

Sistem valuta asing berkaitan dengan kurs atau nilai tukar (harga mata uang) suatu negara yang dinyatakan dalam mata uang negara lain. Berikut ini beberapa sistem valuta asing yang perlu Anda tahu:

Sistem Kurs Bebas

Sistem kurs bebas atau floating merupakan besarnya kurs valuta asing yang ditentukan dari banyaknya permintaan dan penawaran. Dalam sistem ini, tidak ada campur tangan pemerintah untuk penentuan kurs mata uang yang akan dipertukarkan. Jadi nilai kurs mata uang benar-benar bersifat bebas. Contoh sistem valas ini, yaitu pada sebuah marketplace yang menerima pembayaran memakai uang dollar. 

Sistem Kurs Tetap

Sistem kurs tetap dalam valuta asing berkebalikan dari sistem kurs bebas. Sistem kurs ini mengikutsertakan atau melibatkan campur tangan pemerintah dalam kurs mata uang secara mutlak. 

Sistem Kurs Terkendali

Dalam sistem kurs terkendali, ada keterlibatan bank sentral sebuah negara untuk mengalokasikan penggunaan valas di negara yang bersangkutan. Sistem valas ini merupakan perpaduan antara kurs bebas dan kurs tetap. Meski kurs ini bisa mengalami kenaikan maupun penurunan secara bebas, namun pergerakannya tetap terkontrol sehingga tidak terlalu ekstrem atau drastis. 

Demikianlah ulasan mengenal valuta asing sebagai mata uang internasional dan sistem penggunaannya. Valas merupakan alat pembayaran yang sah untuk perdagangan atau transaksi skala internasional. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.