Jasa Marga Bakal Operasikan Tol Baru saat Nataru, Ini Daftarnya
Ilustrasi jalan tol (Foto: dok. antara)

Bagikan:

JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk bakal mengoperasikan beberapa ruas tol baru untuk mendukung penyelenggaraan libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru). Beberapa dioperasikan secara fungsional.

Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syakur menggatakan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan segmen Sadang-Kutanegara akan diopersikan sepanjang 8,5 km. Tol ini akan diopersikan secara fungsional untuk mendukung Nataru 2024.

Lalu, sambung Subakti, mengoperasikan akses KM 149 A (Gedebage) Padaleunyi dan KM 99 A/B (Darangden) Cipularang.

Kemudian, Tol Solo-Yogyakarta segmen Kartasura-Karanganom sepanjang 13 km. Tol yang diopersikan secara fungsional ini jauh lebih panjang dibanding saat Lebaran 2023 lalu.

“Di mana Lebaran tahun sebelumnya hanya 6 km. Sekarang kita bisa fungsionalkan sepanjang 13 km dan langsung mengakses jalan nasional,” katanya.

Subakti mengatakan beberapa ruas tol juga terintergrasi dengan Tol Jasa Marga seperti Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi terintegrasi dengan fungsional ruas Tol Tebing Tinggi-Kualatanjung (indrapura), Tebing Tinggi-Kisaran (lima puluh) dan Tebing Tinggi -Parapat (Sinaksak). Lalu, Belmera terintegrasi dengan Medan Binjai s.d fungsional Stabat-Tanjung Pura.

“Serpong-Cinere seksi 2 (Pamulang - Cinere 3,6 km) terintegrasi fungsional Cinere-Jagorawi Seksi 3 (Kukusan-Krukut-Cinere 5,7 km). Sehingga JORR tiga sudah tersambung dari Cengkareng sampai dengan Jagorawi,” ucapnya.

Selanjutnya, sambung Subakti, ruas Surabaya Mojokerto terintegrasi dengan Ruas Krian Bunder Manyar (KLBM) di KM 724 SS Wringinanom.

Lalu, pelebaran ruas Cipali dari dua lajur menjadi 3 lajur dari KM 72 sampai KM 85. Kemudian, ruas Cisumdawu terintegrasi secara penuh dengan ruas Padaleunyi dan Cipali.