DCI Indonesia Sukses Adakan Malam Apresiasi untuk Pelanggan dan Mitra
Foto: Dok. PT DCI Indonesia Tbk

Bagikan:

JAKARTA - PT DCI Indonesia Tbk (DCI), penyedia infrastruktur pusat data terkemuka di Indonesia, sukses menyelenggarakan acara DCI Indonesia: 10 Years of Operations dan Malam Apresiasi Pelanggan dengan tema A Decade of Customer Trust to Lead Indonesia’s Digital Ecosystem. Acara ini diselenggarakan di Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Jumat, 8 Desember 2023.

Acara ini tidak hanya merupakan perayaan penting bagi DCI Indonesia beserta semua pelanggan, mitra dan pemangku kepentingan, tetapi juga momen pencapaian bagi DCI yang telah mempertahankan posisinya sebagai market leader dan 100 persen power uptime sejak mulai beroperasi pada tahun 2013. Turut hadir dalam acara ini adalah Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie, serta mitra strategis DCI Indonesia, Salim Group, dan banyak hadirin lainnya baik dalam negeri dan luar negeri.

Milestone ini adalah sebuah pencapaian penting dalam industri infrastruktur pusat data di Indonesia. Sebagai pusat data Tier IV dan penerima Tier IV Gold Certification of Operational Sustainability (TCOS) pertama di Asia Tenggara, DCI telah berhasil mempertahankan 100 persen power uptime dan 0 downtime sejak pertama kali beroperasi pada tahun 2013, hal ini merupakan sebuah prestasi yang menegaskan keandalan dan komitmen DCI terhadap kualitas layanan kelas dunia.

Terlebih dari itu, acara ini bertujuan untuk memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada para pelanggan dan mitra DCI yang datang dari berbagai industri, termasuk pemain cloud global, platform digital, perusahaan asuransi, bank, e-commerce, perusahaan telekomunikasi, layanan TI serta perusahaan swasta dan BUMN lainnya atas kepercayaan dan dukungan yang telah memungkinkan DCI untuk terus mampu mendukung terciptanya infrastruktur digital dalam negeri yang tangguh yang mengedepankan operational excellence.

DCI juga memberikan apresiasi yang mendalam kepada para pemangku kepentingan, regulator, dan pemegang saham yang kepercayaan dan dukungan mereka tidak hanya memperkuat keberlanjutan DCI, tetapi juga menjadi katalis penting dalam pengembangan infrastruktur digital yang lebih inovatif dan berkelanjutan di Indonesia.

Presiden Direktur PT. DCI Indonesia Tbk, Toto Sugiri, dalam kata sambutannya, menyoroti perjalanan dan pencapaian DCI selama dekade terakhir.

"Kepercayaan dan kemitraan dengan Bapak dan Ibu semua memberikan semangat kepada DCI untuk terus berkembang, berinovasi, serta terus belajar agar dapat memberikan manfaat yang lebih besar. DCI telah menerapkan beberapa proyek berkelanjutan jangka panjang seperti peningkatan efisiensi kualitas operasional dengan penggunaan Artificial Intelligence dan penggunaan renewable energy dalam mengoperasikan data center kami. Selain itu, dengan adanya tren perkembangan teknologi seperti AI, DCI akan membangun infrastruktur AI data center," ujar Toto Sugiri, dalam kata sambutannya.

Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Budi Arie Setiadi menyampaikan, mewakili Presiden Republik Indonesia Joko Widodo saya menyampaikan apresiasi atas 10 tahun beroperasinya PT DCI Indonesia Tbk.

"Dengan didukung oleh keberadaan sumber daya yang melimpah, Indonesia berpeluang menumbuhkan industri data center nasional. Kementerian Kominfo terbuka untuk inisiatif kolaborasi pengembangan ekosistem data center Indonesia, baik berupa penguatan kebijakan maupun upaya terkait lainnya. Saya berharap pencapaian DCI Indonesia selama ini menjadi penyemangat untuk semakin meningkatkan upaya kita bersama dalam memperkuat ekosistem digital Indonesia dan menjadi inspirasi bagi pergerakan dan transformasi digital menuju Indonesia Maju 2045," ujar Budi Arie dalam kata sambutannya.

Selain itu, acara ini juga menampilkan keynote oleh Philbert Shih, Managing Director, Structure Research, sebuah perusahaan riset dan konsultasi independen dengan fokus khusus pada infrastruktur Internet --cloud dan pusat data-- pasar dan diskusi panel yang melibatkan Asosiasi Indonesia Data Center Provider (IDPRO), beberapa pelanggan DCI dari industri perbankan dan pertambangan yang dimoderatori oleh Dr. Indrawan Nugroho.

Hal ini menyediakan platform untuk dialog mendalam mengenai tren masa depan, inovasi, dan tantangan dalam industri pusat data terutama di Indonesia. Pertukaran ide dan pengalaman ini menyoroti pentingnya kolaborasi dalam mendorong inovasi dan pertumbuhan di sektor teknologi.

DCI berkomitmen untuk memperkuat ekosistem infrastruktur pusat data di Indonesia. Dengan total kapasitas 82MW dan skalabilitas yang besar mencapai 1.000 MW, DCI akan terus mendukung perkembangan pasar cloud, digital platform, enterprise, AI dan lainnya. DCI mempunyai visi untuk mendukung perkembangan infrastruktur digital yang berkelanjutan di Indonesia, menunjukkan kapabilitas dan potensi Indonesia sebagai pusat data regional yang handal.

Acara ini juga memperlihatkan kolaborasi erat antar berbagai pemangku kepentingan, baik dari sektor pemerintahan, industri, maupun akademik, menegaskan posisi Indonesia sebagai pemain kunci dalam industri pusat data di Asia Tenggara.

Terkait