Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan Direct Marketing untuk Perusahaan
Ilustrasi tim direct marketing (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Direct marketing secara sederhana bisa dipahami sebagai kegiatan pemasaran langsung. Sebelum mengetahui kelebihan dan kekurangan direct marketing, disarankan untuk tahu apa itu direct marketing lebih dahulu.

Direct marketing adalah salah satu teknik pemasaran yang dilakukan dengan cara komunikasi kepada konsumen tanpa adanya perantara. Dalam praktiknya, direct marketing dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari tatap muka atau dengan alat bantu komunikasi seperti media sosial, telepon, dan sebagainya.

Kelebihan dan Kekurangan Direct Marketing

Sebagaimana strategi marketing lain, direct marketing juga memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri dari segi bisnis. Berikut ini kelebihan direct marketing yang harus diketahui.

  1. Efektif Menggaet Konsumen

Strategi ini cukup efektif dalam menjangkau konsumen. Pasalnya, tim pemasaran bisa langsung berhadapan dengan calon pelanggan. Jika cara yang digunakan tepat maka calon pelanggan bisa langsung melakukan pembelian produk.

  1. Interaksi Lebih Personal

Pemasaran secara langsung akan menambah pengalaman komunikasi perusahaan secara personal dengan konsumen. Dengan begitu peluang untuk mendapatkan pelanggan yang royal lebih besar. Konsumen juga akan lebih mengenal perusahaan secara baik.

  1. Branding Lebih Tepat Sasaran

Upaya branding produk dan perusahaan bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya lewat direct marketing. Cara ini lebih efektif untuk membantu usaha brand awareness secara maksimal.

  1. Kualitas Produk yang Diterima Konsumen Lebih Baik

Penjualan secara langsung juga sekaligus menjamin bahwa produk yang diterima oleh konsumen dalam kondisi yang baik. Hal ini akan menimbulkan kesan yang baik pula terhadap perusahaan dan produknya.

  1. Kepercayaan Terhadap Perusahaan Lebih Meningkat

Konsumen di Indonesia lebih percaya dengan produk dan perusahaan yang bisa dilihan secara nyata. Dampaknya, perusahaan akan lebih dipercaya untuk memenuhi kebutuhan konsumen sehingga penjualan berpotensi meningkat.

Meski memiliki berbagai kelebihan, direct marketing tetap punya kekurangan yang harus diketahui oleh perusahaan dan tim pemasaran. Kekurangan tersebut yakni sebagai berikut.

  1. Dianggap Spam atau Mengganggu

Seperti diketahui, direct marketing dilakukan dengan alat bantu komunikasi seperti email atau telepon. Calon pelanggan berpotensi menganggap pihak perusahaan yang melakukan hal tersebut sebagai gangguan. Calon konsumen bisa langsung menolak penjualan bahkan sebelum mendengarkan penjelasan.

  1. Kerja yang Dilakukan Kadang Tak Sebanding

Kegiatan pemasaran direct marketing memang cukup merepotkan. Tim pemasaran harus tahu siapa target sasaran marketing mereka hingga memilih waktu yang tepat agar klien tertarik dengan penjelasan. Sayangnya kerepotan tersebut kadang tak sebanding dengan hasil yang didapatkan.

  1. Butuh Banyak SDM

Ada banyak cara pemasaran langsung yang bisa dilakukan, misalnya dengan mengunjungi pusat keramaian lalu langsung menawarkan produk. Cara ini tentu membutuhkan banyak SDM yang akan menjadi tim direct marketing.

  1. Butuh Biaya Besar

Selain butuh banyak SDM, penjualan langsung juga butuh biaya yang cukup besar. Misalnya, perusahaan harus menyiapkan sarana dan prasarana untuk tim salles seperti kendaraan, telepon, komputer, dan sebagainya.

  1. Butuh Rangkaian Analisa yang Panjang

Sebelum melakukan penjualan langsung, perusahaan harus melakukan rangkaian analisa yang panjang. Jika tidak, maka penjualan secara langsung tidak akan efektif.

Itulah informasi terkait kelebihan dan kekurangan direct marketing. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.