BCA Tegaskan Pengumuman Transfer Antarbank Rp150.000 Per Bulan Adalah Hoax
Ganti password mobile banking secara berkala biar mana dari tindak penipuan (dok. BCA).

Bagikan:

JAKARTA - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menyatakan bahwa pengumuman yang beredar terkait biaya transfer antarbank berubah menjadi Rp150 ribu per bulan adalah hoax atau berita palsu.

"Dalam hal ini BCA menegaskan bahwa pengumuman tersebut tidak benar dan merupakan aksi penipuan," tulis Executive Vice President (EVP) Corporate Communication and Social Responsibility BCA, Hera F. Haryn, dalam keterangan kepada media pada Sabtu, 3 Februari 2024.

Hera dalam keterangannya juga mengatakan jika mendapatkan pengumuman tersebut, BCA mengimbau nasabah untuk melakukan beberapa langkah, seperti mengabaikan pesan, terlebih jika dihubungi dengan menggunakan nomor pribadi. Bank hanya akan memberikan pengumuman atau informasi dari nomor atau akun resmi, yaitu WhatsApp Bank BCA pada nomor 08111500998.

Kedua, hindari klik tombol 'view' dan mengisi data. Jangan membuka atau klik tombol 'view'. Jika sudah telanjur klik, jangan mengisi web form yang ada di dalamnya. Segera keluar dari website atau microsite yang terbuka dari halaman tersebut.

Ketiga, blokir nomor kontak dan hapus pesan. Keempat, kelola password mobile banking. Buat password yang kuat dan ubah secara berkala.

"Kami juga terus menyuarakan imbauan kepada masyarakat dan nasabah untuk terus waspada dengan berbagai modus social engineering perbankan," pungkas Hera.