Terpilih Jadi Menteri ATR/BPN, Ini Upaya AHY Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi
AHY (Foto: Theresia Agatha/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) resmi menjabat sebagai Menteri ATR/BPN mulai hari ini. AHY mengaku, akan mengupayakan pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan dengan memberikan kepastian hukum di bidang tata ruang.

"Yang paling utama adalah bagaimana kementerian yang strategis ini bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan. Tentu tidak bisa sendirian, tetapi dengan kepastian di bidang hukum tata ruang, termasuk juga tanah yang disiapkan untuk pembangunan," ujar AHY di kantor Kementerian ATR/BPN, Jakarta, Rabu, 21 Februari.

AHY juga mengaku akan memberikan keamanan dan kenyamanan bagi para investor. Sehingga, terjadi pertumbuhan ekonomi di Tanah Air.

"Beliau (Mantan Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto) menyampaikan kami harus tegas, kami harus menghadapi siapapun yang melawan hukum. Kami ingin ATR ini benar-benar profesional, melayani dan terpercaya," ucapnya.

Di samping itu, AHY juga mengaku bahwa dirinya akan belajar dengan cepat untuk menjalani amanah yang bakal diembannya selama sekitar delapan (8) bulan tersisa.

"Semoga di delapan bulan terakhir ini saya bisa meneruskan apa yang telah beliau (Mantan Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto) rintis dan jalankan dengan baik. Saya harus belajar cepat dan mudah-mudahan tidak mengecewakan karena kami sekali lagi ingin berkontribusi," tuturnya.

Pada kesempatan sama, AHY merasa sangat senang menjabat sebagai Menteri ATR/BPN yang baru. Sebab, jabatan baru tersebut menjadi momentum kembalinya Partai Demokrat ke pemerintahan.

"Ini menjadi sebuah momentum pertama bagi Partai Demokrat untuk bisa kembali ke pemerintahan," ungkapnya.

Adapun Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono sebagai Menteri ATR/BPN. Pelantikan dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta.

Surat Keputusan Presiden Nomor 34 P/2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024 dibacakan lebih dulu oleh Deputi Bidang Administrasi dan Aparatur Kemensetneg Nanik Purwanti sebelum pengambilan sumpah jabatan dilakukan.

"Mengangkat sebagai menteri negara Kabinet Indonesia Maju dalam sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024. Saudara Agus Harimurti Yudhoyono sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional," demikian surat keputusan itu dibacakan, Rabu, 21 Februari.