Apa Itu Konversi Valas: Begini Penjelasannya
Apa Itu Konversi Valas (Gambar Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Tahukah kalian apa itu konversi valas? Apakah ini cukup terdengar asing di telinga kalian? Kalau iya, yuk kita pelajari bersama di sini.

Bicara soal valuta asing (Valas) tentunya punya peranan penting di dalam dunia ekonomi dan juga transaksi di luar negri.  Valuta asing pula mempunyai peran penting dalam perdagangan internasional. Valas diakui selaku mata uang yang dipakai serta diterima selaku alat pembayaran internasional. Pada dasarnya, valas ialah salah satu instrumen dalam pasar saham nasional ataupun internasional.

Transaksi valas dilakukan buat menukar satu mata uang dengan mata uang lain, sehingga permintaan tersebut menghasilkan kesempatan jual beli buat memperoleh keuntungan serta investasi. Lalu apa itu valas serta gimana sistem transaksinya?

Memahami Valuta Asing

Valuta asing ialah mata uang yang diakui serta dipakai buat transaksi skala internasional. Valas dapat digunakan selaku perlengkapan pembayaran yang legal buat perdagangan internasional. Tetapi tidak semua mata uang asing bisa dipakai selaku valas. Mata uang valas wajib termasuk dalam kelompok hard currency (mata uang yang nilainya kuat terhadap lainnya).

Biasanya mata uang hard currency berasal dari negara-negara maju yang mempunyai pengaruh ekonomi lumayan besar di dunia ataupun terhadap negara–negara yang lain. Contoh mata uang yang termasuk valas, yakni Dollar (Amerika Serikat), Euro, serta Yen (Jepang).

Tidak hanya itu, valas pula jadi bagian dari devisa negara ataupun kekayaan negara yang terletak di luar negeri. Bentuk devisa tersebut bisa berbentuk barang, jasa ataupun mata uang. Jadi semakin kerap mata uang suatu negara dipakai buat bertransaksi valas maka makin menguntungkan untuk negara tersebut.

Valuta asing pula diketahui dalam dunia investasi, yakni pasar valas (foreign exchange market). Pasar valas mempertemukan pembeli serta penjual mata uang asing, buat melaksanakan penawaran serta permintaan. Aktivitas jual beli valas ini dilakukan di bursa valas yang diselenggarakan oleh pihak bank ataupun di tempat penukaran uang (money changer).

Apa Itu Konversi Valas?

Konversi valas merupakan sebuah instruksi nasabah untuk malakukan sebuah transaksi dalam bentuk valuta asing dengan dana dari rekening valas.

Konversi Valas Bisa di BRImo

Bank Rakyat Indonesia (BRI) menghadirkan bermacam fitur dalam aplikasi BRImo. Termasuk fitur konversi valas yang mudah dicoba mengenakan aplikasi mobile banking dari BRI tersebut.

Berikut ini langkah-langkah konversi valas memakai fitur dalam aplikasi BRImo:

  • Login BRImo
  • Pilih fitur Konversi Valas
  • Pilih rekening tujuan
  • Pilih rekening sumber dana yang bakal digunakan
  • Masukan nominal transaksi
  • Klik Konversi
  • Masukkan pin transaksi
  • Transaksi berhasil
  • Tidak hanya fitur konversi valas di atas, nasabah pula dapat membuka rekening BritAma Valas dengan mudah memakai aplikasi BRImo.

BRImo menyediakan 10 pilihan mata uang populer yang sering dibutuhkan untuk berbagai keperluan, seperti:

USD - Amerika Serikat

AUD - Australia

SGD - Singapura

CNY - Tiongkok

EUR - Eropa

AED - Uni Emirat Arab

HKD - Hong Kong

GBP - Inggris

JPY - Jepang

SAR - Arab Saudi

Tak usah cemas harus menukar uang dalam jumlah besar. Di BRImo, kamu dapat melakukan konversi valas mulai dari Rp 200.000, saja. Sekarang transaksi valas tidak harus ribet dan mahal.

Lupa menukar uang sebelum berangkat ke luar negeri? Tenang aja, kamu bisa mengandalkan BRImo. Lakukan transaksi konversi valas kapanpun dan dimanapun kamu berada. Tak perlu panik dan tak perlu kerepotan lagi, deh!

Bicara soal uang luar negri nampaknya ada mata uang digital baru yang dibuat oleh Uni Eropa, seperti apa lengkapnya, baca: “Uni Eropa Bikin Euro Digital”.

Jadi setelah mengetahui apa itu konversi valas, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!