Hutama Karya Bakal Berikan Diskon Tarif Tol Jelang Libur Lebaran 2024, Begini Penjelasannya
Ilustrasi jalan tol (Foto: dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - PT Hutama Karya (Persero) bakal memberikan diskon tarif tol di sejumlah ruas tol yang mereka kelola menjelang libur Lebaran 2024.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo mengatakan, saat ini pihaknya masih menunggu kebijakan dan arahan dari pemerintah untuk menerapkan diskon tarif tol tersebut.

"Saat ini, Hutama Karya masih menunggu kebijakan tersebut dan kami mendukung arahan pemerintah selaku regulator dalam mengimplementasikan kebijakan yang diterapkan," ujar Tjahjo kepada VOI, Kamis, 7 Maret.

Tjahjo menyebut, pihaknya pasti bakal memberikan diskon tarif tol tersebut seperti libur Lebaran pada 2023 lalu.

"Sudah (ada rencana pemberian diskon tarif), tahun sebelumnya juga dilakukan, ya," katanya.

Saat ditanyai lebih lanjut soal berapa diskon tarif yang akan diberikan dan mulai kapan diberlakukan, Tjahjo mengatakan pihaknya masih mengkaji semuanya. "Masih dalam kajian," imbuhnya.

Adapun jadwal libur dan cuti bersama Lebaran 2024 telah disepakati oleh pemerintah. Kesepakatan tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 855 Tahun 2023, Nomor 3 Tahun 2023, Nomor 4 Tahun 2023 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2024.

Melalui pengumuman resminya, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyebut, pemerintah menetapkan libur nasional dan cuti bersama pada 2024 berjumlah total 27 hari. Perinciannya, libur nasional sebanyak 17 hari dan cuti bersama sebanyak 10 hari.

Khusus untuk libur Lebaran 2024, total hari libur ada 6 hari yang terdiri atas 2 hari libur nasional Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah dan 4 hari merupakan cuti bersama Lebaran.

Sementara itu, Korlantas Polri memprediksi terjadinya peningkatan jumlah pemudik sebesar 6 persen saat Lebaran 2024 bila dibandingkan tahun sebelumnya. Jumlahnya mencapai 136,7 juta orang.

"Kalau tahun lalu ada 123 juta lebih masyarakat Indonesia yang melakukan mudik-balik dan berwisata selama libur Idulfitri kalau ditambah 5 persen, 6 persen itu ada di angka 136 juta," ujar Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan.

Dengan demikian, pemberlakuan diskon tarif di ruas-ruas tol yang diprediksi bakal dilalui pemudik sangat diperlukan, agar kelancaran arus mudik saat libur Lebaran 2024 bisa terwujud.