Atasi Pandemi, Pemerintah Fokus Sediakan Sembako dengan Harga Stabil
Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Bagikan:

MEDAN – Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Oke Nurwan mengatakan jika kondisi ekonomi Indonesia mengalami perbaikan.

Menurut Oke, salah satu kunci utama pemulihan dan ketahanan ekonomi Indonesia terletak pada keberhasilan pemerintah dalam mengendalikan kasus COVID-19 dan pelaksanaan vaksinasi.

Kemendag Fokus Menyediakan Bahan Makanan Pokok

"Dan dalam hal pemulihan ekonomi secara menyeluruh, Kementerian Perdagangan memfokuskan upayanya untuk menyediakan bahan makanan pokok dengan harga stabil dan mendampingi UMKM untuk meningkatkan kapasitasnya," beber Oke Nurwan dalam diksusi 'Keyakinan Konsumen Kembali Optimis' yang diselenggarakan FMB9ID_IKP, dikutip Kamis 20 Mei.

Selain itu, Oke menyebut pembelian di dalam negeri memang mengalami peningkatan.

Kajian Markplus yang dipublikasikan sebelumnya, kata dia, menunjukkan beberapa kategori produk digital, fesyen, kecantikan, makanan dan minuman, serta perlengkapan rumah tangga banyak mengalami peningkatan.

Melihat indikator-indikator ekonomi tersebut, berbagai lembaga keuangan seperti IMF memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia akan berkisar pada 4,5 - 5 persen tahun ini.

Kemudian faktor pendukung selain pengendalian COVID-19 dan vaksinasi yang mendorong perekonomian Indonesia menuju positif adalah konsumsi, produktivitas industri, dan ekspor-impor.

"Perbaikan kegiatan industri bisa dilihat dari indeks PMI manufaktur menunjukkan angka 55,25 persen meningkat dari kuartal keempat 2020. Peningkatan juga merata di hampir seluruh komponen pembentuk indeks PMI manufaktur," kata Oke Nurwan.

Selain pemerintah, IPSOS Indonesia juga telah melakukan survei di enam negara ASEAN yakni Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, dan Vietnam.

"Menariknya, di dua kali survei menunjukkan bahwa konsumen Indonesia yang paling optimis akan adanya pemulihan ekonomi dalam enam bulan ke depan," ujar Managing Director IPSOS, Soeprapto Tan.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Pulihkan Ekonomi di Masa Pandemi, Pemerintah Fokus Sediakan Sembako dengan Harga Stabil.

Selain cara pemerintah mengatasi pandemi COVID-19, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!