Soal Pengembangan Danau Toba, Wakil Bupati Simalungun: Diwujudkan dengan Memberikan Kesejahteraan bagi Masyarakat
Danau Toba (ANTARA/HO)

Bagikan:

MEDAN - Pengembangan kawasan Danau Toba yang belakangan ini digiatkan pemerintah guna menarik lebih banyak wisatawan harus seiring dengan peningkatan sumber daya manusia di kawasan tersebut ujar Wakil Bupati Sumalungun, Zonny Waldi.

Menurut Wakil Bupati di Simalungun, Senin pemerintah telah melakukan berbagai perbaikan dan pembangunan infrastruktur guna memudahkan wisatawan menikmati wisata di Toba.

Zonny Waldi: masyarakat Toba perlu dibina

Di sisi lain, yang tidak kalah penting untuk diperhatikan ialah perlunya pengembangan masyarakat dan komunitas lokal sebagai pendorong dan pendukung utama berbagai program dan layanan wisata.

Zonny melanjutkan, masyarakat Toba perlu dibina untuk mengembangkan usahanya secara mandiri hingga dapat beriringan mengembangkan pariwisata sesuai dengan yang telah dicanangkan pemerintah pusat.

Makanya menjadi tanggungjawab bersama untuk mendukung pariwisata dan menyiapkan masyarakat lokal menghadapi kompetisi di bidang usaha dengan pengusaha asing.

"Dengan menguatkan citra usaha masyarakat Toba, maka pengembangan pariwisata dapat diwujudkan dengan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat setempat," katanya dilansir dari Antara, Senin, 28 Juni.

Danau Toba saat ini telah ditetapkan Pemerintah Pusat sebagai salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP).

Bukan tanpa sebab, Danau Toba menawarkan keindahan alam yang menakjubkan hingga ditunjuk menjadi ikon pariwisata Indonesia berbasis alam oleh Kemenparekraf RI.

Hal ini menjadikan Danau Toba sebagai peluang investasi bagi pengusaha pariwisata baik dalam maupun luar negeri untuk mengembangkan berbagai fasilitas dan layanan wisata, mulai dari perhotelan, layanan wisata alam, wisata budaya, hingga wisata kuliner.

Keberadaan investor asing dapat meningkatkan kualitas dan daya tarik wisata Danau Toba, namun di sisi lain dapat pula menggeser keberadaan warga lokal, dan ada kekhawatiran bila mereka hanya mampu menjadi penonton dalam hiruk-pikuk pengembangan pariwisata Danau Toba.

Selain pemaparan Wakil Bupati di Simalungun, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!