Luhut Minta Masyarakat Kompak Hadapi COVID-19 Varian Delta: Tak Ada Satu Negara pun Berhasil Mengatasinya
Menko Marves Luhut Pandjaitan/DOK ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Perekonomian Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) sekaligus koordinator PPKM Jawa-Bali Luhut Binsar Pandjaitan meminta masyarakat saling bahu membahu mengahadapi COVID-19 varian Delta. 

Luhut juga mengingatkan masyarakat untuk waspada terhadap COVID-19 varian Delta ini. Sebab jika lalai itu akan menyangkut kepada hilangnya nyawa bagi sebagian orang. 

"Saya minta kita semua supaya bahu-membahu untuk menyelesaikan ini, ini masalah kemanusiaan. Kita berbuat dengan cepat, keterlambatan kita mengambil action itu menyangkut berapa orang yang meninggal. Kita berpolitik tentu ini juga bisa mengakibatkan orang meninggal," tuturnya dalam konferensi pers virtual, Rabu, 21 Juli. 

Koordinator PPKM Darurat Jawa-Bali ini mengatakan pemerintah telah mendengar dan menerima beberapa masukan dari berbagai pihak terkait penanganan pandemi COVID-19. Namun, diakui Luhut, varian Delta ini sulit dihadapi. 

"Percayalah kami sudah melakukan yang terbaik, tapi Delta ini hal yang sulit dihadapi, memang itu nyatanya. Tidak ada satu negara pun di dunia yang sekarang bisa klaim bahwa mereka sudah bisa mengatasi ini," katanya. 

Luhut mengatakan proses pengambilan keputusan PPKM Darurat ini tidak mudah. Karena itu, dia menegaskan pemerintah tak mau buru-buru mencabut PPKM level 4. 

"Aturan PPKM level 4 ini sudah dituangkan dalam Instruksi Mendagri Nomor 22 Tahun 2021. Selain level 4, ada pula level yang lebih rendah," jelasnya.