Kabar Bitcoin: Analis Bank of America Yakinkan Keputusan El Salvador
Bitcoin diyakini akan membuat pengiriman uang ke El Savador menjadi sangat murah. (fotocardmapr/unsplash)

Bagikan:

MEDAN - Bank of America, salah satu lembaga keuangan terbesar di dunia berdasarkan total aset, yakin bahwa El Salvador dapat memperoleh banyak keuntungan dengan keputusan  terbarunya ke Bitcoin (BTC).

Dalam sebuah laporan yang diterbitkan minggu lalu, analis di bank itu mengatakan keputusan El Salvador untuk mengakui BTC sebagai alat pembayaran yang sah dapat merampingkan pengiriman uang, mempromosikan digitalisasi keuangan, memberi konsumen pilihan yang lebih besar dan membuka negara untuk perusahaan Amerika dan penambang mata uang digital.

Penggunaan Bitcoin Berpotensi Kurangi Biaya Transaksi

Bank mencatat bahwa pengiriman uang menyumbang 24% dari produk domestik bruto El Salvador, tetapi sebagian besar dari itu digunakan untuk biaya transaksi.

“Menggunakan Bitcoin untuk pengiriman uang berpotensi mengurangi biaya transaksi dibandingkan dengan saluran pengiriman uang tradisional,” kata laporan itu, yang dimuat oleh  Diario El Salvador.

“Idenya adalah bahwa Bitcoin dapat digunakan sebagai perantara untuk transfer lintas batas, sehingga dolar dikonversi ke Bitcoin oleh pengirim dan kemudian dikonversi kembali ke dolar di dalam negeri oleh penerima,” tambah laporan itu

Pada bulan Juni tahun ini, El Salvador menjadi negara-bangsa pertama yang menerima Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah. Ini , menandai tonggak penting dalam evolusi mata uang digital dari ketidakjelasan menjadi penerimaan arus utama.

Keputusan untuk mengintegrasikan BTC ke dalam sistem keuangan negara telah dikritik oleh Dana Moneter Internasional dan Komisi Ekonomi PBB untuk Amerika Latin dan Karibia. Sementara itu, JPMorgan Chase percaya langkah Bitcoin El Salvador dapat memberi tekanan tambahan pada kemampuan jaringan yang sudah terbatas untuk berfungsi sebagai alat tukar.

Data survei menunjukkan setengah dari warga Salvador skeptis tentang penggunaan BTC sebagai alat pembayaran yang sah. Mereka yang memilih untuk mengadopsi BTC untuk transaksi dapat menggunakan dompet Chivo Bitcoin yang didukung negara, di antara banyak opsi lain yang tersedia bagi mereka.

Sejak El Salvador mengakui Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah, beberapa negara Amerika Latin lainnya telah mengisyaratkan untuk mengejar strategi mata uang kripto mereka sendiri. Namun, hingga saat ini, belum ada negara lain yang mengikuti jejak El Salvador.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Analis Bank of America Yakin Keputusan El Salvador Adopsi Bitcoin Sudah Tepat

Selain Kabar Bitcoin, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!