Perdagangan Kripto di Ukraina Diresmikan Presiden Volodymyr Zelenskyy di Tengah Perang
Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, tanda tangani aturan tentang kripto di Ukraina. (foto: @ZelenskyyUa)

MEDAN - Di tengah serangan Rusia, Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, yang saat ini masih berbasis di Kyiv, telah menandatangani undang-undang yang menetapkan kerangka hukum bagi negara untuk mengoperasikan pasar kripto yang diatur.

Melalui pengumuman pada hari Rabu, 16 Maret, Kementerian Transformasi Digital Ukraina mengatakan Zelenskyy menandatangani undang-undang bernama "Pada Aset Virtual," yang pertama kali diadopsi oleh legislatif negara itu, Verkhovna Rada, pada Februari lalu.

Bank Diizinkan Membuka Rekening untuk Perusahaan Kripto

Pertukaran uang kripto dan perusahaan yang menangani aset digital akan diminta untuk mendaftar ke pemerintah untuk beroperasi secara legal di Ukraina, dan bank akan diizinkan untuk membuka rekening untuk perusahaan crypto.

Undang-undang tersebut memberikan kekuatan kepada Komisi Pasar Saham dan Sekuritas Nasional Ukraina untuk menentukan kebijakan negara tentang aset digital, mengeluarkan lisensi untuk bisnis yang berurusan dengan kripto dan bertindak sebagai pengawas keuangan.

Badan pemerintah menambahkan bahwa Kementerian Keuangan Ukraina juga bekerja untuk mengamandemen pajak dan kode sipil negara untuk mengakomodasi kerangka hukum untuk aset digital.

“Penandatanganan undang-undang ini oleh presiden merupakan langkah penting lainnya untuk membawa sektor kripto keluar dari bayang-bayang dan meluncurkan pasar legal untuk aset virtual di Ukraina,” kata Kementerian Transformasi Digital.

Cryptocurrency telah menjadi masalah utama dalam perang negara saat ini melawan Rusia setelah invasi pada 24 Februari, dengan banyak yang menyumbang langsung ke Ukraina untuk tujuan kemanusiaan dan mendanai militer.

Pada saat itu, Bank Nasional Ukraina mengatakan bahwa mereka membatasi penarikan tunai di bank, menetapkan nilai tukar mata uang hryvnia negara itu dan menangguhkan penerbitan uang elektronik.

Pada Senin lalu, Kuna, pertukaran crypto terbesar di Ukraina, membantu meluncurkan platform donasi dengan FTX dan Kuna, platform pertaruhan Everstake, dan Kementerian Transformasi Digital untuk memungkinkan pengguna mengirim beberapa cryptocurrency “untuk mendukung orang-orang dalam perjuangan mereka untuk kebebasan.”

Menurut situs web, pengguna telah mengirim lebih dari 54 juta dolar (Rp 770 miliar) dalam bentuk crypto pada saat publikasi, kira-kira 27% dari target 200 juta dolar AS (Rp 2,8 triliun) platform.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Di Tengah Perang Presiden Volodymyr Zelenskyy Tandatangani UU untuk Operasikan Pasar Kripto Secara Resmi di Ukraina

Selain Perdagangan Kripto di Ukraina, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!