Manfaat Minum Kopi bagi Kesehatan Hati dan Mencegah Penyakit Kronis
Ilustrasi Kopi (Georgi Petrov/Pexels)

MEDAN - Berdasarkan temuan dari sebuah studi, ternyata minum kopi lebih dari tiga cangkir dalam sehari dapat meminimalisir masalah penyakit hati.

Temuan tersebut bersumber dari data survei yang dilakukan National Health and Nutrition Examination Survey tentang konsumsi makanan dan minuman harian masyarakat Amerika Serikat.

Survei Manfaat Minum Kopi bagi Kesehatan Hati

Sekitar 4.500 pasien yang pernah mengikuti survei pada 2017-2018. Para peserta berusia 20 tahun atau lebih, rata-rata berusia 48 tahun, dengan 73% diantaranya memiliki kelebihan berat badan.

Menariknya, berdasarkan penelitian peneliti tidak menemukan hubungan antara konsumsi kopi dengan ukuran perlemakan hati. Tetapi mereka menemukan hubungan antara kopi dan kekakuan hati.

Mereka yang minum lebih dari tiga cangkir kopi setiap hari memiliki ukuran kekakuan hati yang lebih rendah diukur dalam satuan kilopascal. Kekakuan hati dengan ukuran lebih dari 9.5 kilopascal merupakan tanda fibrosis hati yang dapat menyebabkan sirosis hati.

Melansir WebMD, Kamis, 28 Oktober, Elliot Tapper, MD, asisten profesor gastroenterologi di Universitas Michigan menyebutkan bahwa ia akan merekomendasikan kopi pada pasien dengan penyakit sirosis untuk mendukung penyembuhan, selain menghindari konsumsi karbohidrat dan meningkatkan olahraga.

Selain itu, studi yang dilakukan oleh Nathan Davies, PhD, seorang profesor Biokimia di Institusi Kesehatan Hati dan Pencernaan di Universitas London pun menemukan bahwa kopi dapat melindungi hati dari penyakit kronis.

Perlu diingat, dampak baik konsumsi kopi untuk hati ini hanya bisa didapat jika Anda tidak menambahkan gula atau krim sebagai pemanis, memilih jenis kopi yang lebih sehat, dan menyeduh kopi dengan kertas filter.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Temuan Studi, Rutin Minum Kopi Berdampak Baik bagi Kesehatan Hati

Selain Manfaat Minum Kopi bagi Kesehatan Hati , ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!