China Temukan Aktifitas Vulkanik di Bulan 1 Miliar Tahun yang Lalu
Pendarat Chang'e 5 milik CNSA tengah beraksi di Bulan. (foto; CNSA)

MEDAN - Baru-baru ini ilmuan China memeriksa sampel batuan yang dikumpulkan dari Bulan, dan setelah melakukannya, menemukan aktivitas vulkanik yang jauh lebih muda daripada yang pernah ditemukan sebelumnya.

Perlu diketahui, bulan adalah entitas yang menarik karena berbagai alasan. Sangat penting untuk kehidupan di Bumi, karena menjadi salah satu pemandangan paling menonjol di langit malam.

Selain itu bulan merupakan komponen penting dari Perlombaan Luar Angkasa selama Perang Dingin. Terlepas dari semua itu, Bulan telah mengambil sedikit “kursi belakang” dalam eksplorasi ruang angkasa dalam beberapa tahun terakhir.

Hanya ada enam pendaratan berawak di Bulan dalam sejarah NASA. Dimulai dengan Apollo 11 pada Juli 1969 dan berakhir dengan Apollo 17 pada Desember 1972, aktivitas di Bulan menjadi sangat langka sejak saat itu.

Nasa dan SpaceX akan Bawa Manusia ke Bulan

Syukurlah, hal itu cepat berubah. NASA bekerja dengan SpaceX akan membawa manusia kembali ke Bulan dalam waktu yang tidak terlalu lama. Astronot akan menaiki versi pesawat ruang angkasa Starship yang dioptimalkan, mengunjungi Bulan, dan kembali ke Bumi, semuanya dalam waktu sekitar 6-7 hari.

Sementara masih ada pekerjaan yang harus dilakukan sebelum misi itu siap diluncurkan, China baru saja mencapai tonggak sejarah besar dengan Program Eksplorasi Lunar China (khususnya dengan pendarat Chang'e 5).

Chang'e 5 mendarat di Bulan pada 16 Desember 2020, dengan tujuan mengumpulkan dan mengembalikan sampel bulan untuk dipelajari para ilmuwan di Bumi. Chang'e 5 tidak hanya menandai misi China pertama untuk memperoleh sampel Bulan, tetapi sampel tersebut kini telah diuji dan dianalisis.

Setelah pemeriksaan awal, para ilmuwan China telah menemukan sesuatu yang luar biasa — aktivitas vulkanik yang terjadi di Bulan jauh lebih awal dari yang diketahui sebelumnya.

Aktivitas vulkanik di Bulan bukanlah konsep baru. Faktanya, para ilmuwan telah mengetahui selama beberapa dekade bahwa vulkanisme ada di sana. Yang menarik dari sampel terbaru ini adalah usia aktivitas vulkanik yang terdeteksi di dalamnya.

Antara program Apollo dan Luna, para astronom telah menentukan bahwa sebagian besar aktivitas vulkanik di Bulan terjadi antara 3,8 dan 3 miliar tahun yang lalu - dengan beberapa aktivitas tertua yang berusia lebih dari 4 miliar tahun yang lalu.

Dalam sampel yang dikumpulkan oleh Chang'e 5, ada jejak vulkanisme dari hanya 2 miliar tahun yang lalu. Itu masih lama sekali, tapi itu berarti lava mengalir melalui Bulan satu miliar tahun lebih awal dari yang kita duga sebelumnya.

Sampel terbaru ini diperoleh di wilayah Oceanus Procellarum di Bulan. Ini adalah area di sisi dekat Bulan dan satu-satunya dengan nama Oceanus (karena ukurannya yang sangat besar yang membentang lebih dari 1.600 mil dari utara ke selatan).

Sekarang para astronom tahu ada aktivitas vulkanik di daerah ini satu miliar tahun yang lalu, mereka dapat menggunakan informasi itu untuk melihat kawah di Oceanus Procellarum, membandingkannya dengan kawah yang berusia sama di lokasi lain (seperti Mars), dan mendapatkan pemahaman yang lebih baik. dari Tata Surya secara keseluruhan.

Ini adalah proses yang sering disebut sebagai 'penghitungan kawah', dan merupakan suatu keharusan untuk memahami ilmu pengetahuan tentang apa yang terjadi di galaksi kita.

Seperti yang dicatat oleh Ian Crawford dari University of London, "Sangat penting untuk mendapatkan lebih banyak poin data. Itulah yang telah dilakukan makalah ini."

Seperti cerita yang sering terjadi, terobosan seperti ini tidak berarti pekerjaan selesai. Faktanya, temuan Chang'e 5 menimbulkan beberapa pertanyaan baru bagi para ilmuwan untuk direnungkan.

Untuk satu hal, tidak jelas apa yang menyebabkan aktivitas vulkanik di Bulan dua miliar tahun yang lalu. Mungkin ada sisa uranium, thorium, dan potasium yang tersimpan jauh di dalam Bulan yang cukup panas untuk terjadinya vulkanisme.

Kemungkinan lain adalah bahwa posisi Bulan yang lebih dekat ke Bumi pada waktu itu memberikan panas yang dibutuhkan.

Selain itu, ada area lain di Bulan yang menunjukkan aktivitas gunung berapi bisa terjadi setidaknya 50 juta tahun yang lalu. Ada banyak pertanyaan yang perlu dijawab.

Terlepas dari itu, ini adalah pencapaian besar dan langkah maju yang cukup besar dalam pemahaman yang lebih baik tentang sistem bintang yang kita sebut rumah.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Ilmuwan China Perkirakan Terdapat Aktivitas Vulkanik di Bulan 1 Miliar Tahun Lalu

Selain Aktifitas Vulkanik di Bulan, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!