Produksi iPod Disuntik Mati Apple, Apa Masih Bisa Membeli?
Aplle hentikan produksi iPod untuk selamanya. (foto:dok. unsplash)

MEDAN - Perusaaan teknologi raksasa Apple telah mengambil keputusan besar dengan menghentikan produksi model iPod terakhir yang masih dijualnya.

Diketahui, langkah ini menandakan akhir dari lini produk ikonik itu selama 20 tahun berada di pasaran, yang membantu mengantarkan era baru bagi industri musik dan raksasa teknologi.

Namun Apple mengatakan pelanggan dapat terus membeli perangkat iPod Touch selama persediaan masih ada, dan sekarang pelanggan dapat mendengarkan lagu favorit mereka dari berbagai perangkat Apple lainnya, termasuk iPhone, iPad, dan Apple Watch.

Sejarah iPod dimulai pada tahun 2001

"Musik selalu menjadi bagian dari inti kami di Apple, dan membawanya ke ratusan juta pengguna seperti iPod berdampak lebih dari sekadar industri musik, itu juga mendefinisikan ulang bagaimana musik ditemukan, didengarkan, dan dibagikan," ungkap wakil presiden senior pemasaran di seluruh dunia Apple, Greg Joswiak.

Pada Oktober 2001, salah satu pendiri sekaligus CEO Apple, Steve Jobs memulai debut iPod asli dan itu adalah pemutar MP3 pertama yang dapat menampung 1.000 lagu dan memiliki masa pakai baterai 10 jam.

"Dengan iPod, Apple telah menemukan kategori baru pemutar musik digital yang memungkinkan Anda memasukkan seluruh koleksi musik ke dalam saku dan mendengarkannya ke mana pun Anda pergi. Dengan iPod, mendengarkan musik tidak akan pernah sama lagi," ujar Jobs saat itu.

Kemudian pertengahan 2007, lebih dari 100 juta perangkat iPod telah terjual. Apple sendiri telah merilis lima versi iPod, yakni Classic, Touch, Shuffle, Mini and Nano.

Namun di tahun yang sama, Apple meluncurkan iPhone, yang dalam banyak hal merupakan pewaris iPod Touch. Smartphone, dan perangkat Apple lain yang mengikutinya, akhirnya membuat iPod terasa seperti perangkat yang tertinggal, jauh sebelum secara resmi dihentikan.

Sebagai informasi yang dikutip dari SkyNews, Rabu, 11 Mei, perusahaan telah perlahan-lahan mematikan jangkauan iPod dalam beberapa tahun terakhir, dengan teknologi ponsel yang memungkinkan pelanggan untuk mendengarkan layanan musik di ponsel mereka.

Pada 2014, model Classic dihentikan, lalu Shuffle dan Nano dimatikan tiga tahun kemudian. iPod touch generasi ketujuh adalah satu-satunya model yang masih dijual hingga saat ini.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Setelah 20 Tahun Dirilis, Apple Hentikan Produksi iPod

Selain Produksi iPod, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!