Update Terbaru Facebook, Tampilan Mirip TikTok?
Facebook akan membuat tampilan lebih mirip TikTok. (foto: dok.pixabay)

MEDAN - Perusahaan teknologi Meta Platforms Inc., mengumumkan pada Kamis, 20 Juli bahwa mereka sedang memperbaiki feed utama di aplikasi Facebook. Penataaan ini untuk memprioritaskan "penemuan" konten baru, alih-alih posting dari akun yang diikuti pengguna. Ini mirip dengan TikTok.

Diketahui, eksekutif Meta telah menyuarakan peningkatan urgensi dalam beberapa bulan terakhir untuk meningkatkan produk "Reels" mereka, mirip dengan format video pendek TikTok yang telah menarik banyak pengguna yang lebih muda.

Akan Lebih Banyak Postingan Populer

"Beranda, tab umpan berita utama Facebook yang akan dilihat pengguna ketika mereka membuka aplikasi, akan mulai lebih banyak menampilkan posting populer dari akun yang tidak diikuti pengguna, termasuk Reels dan Stories,” kata Meta dalam sebuah pernyataan yang dikutip Reuters.

“Facebook akan menyarankan posting kepada pengguna dengan sistem peringkat pembelajaran mesinnya dan berinvestasi dalam kecerdasan buatan (AI) untuk menyajikan konten yang direkomendasikan,” tambahnya.

Sementara tab terpisah baru yang disebut 'Umpan' (Feed) akan menawarkan keengganan dari pendekatan lama, yang sebagian besar menampilkan posting dari teman, halaman, dan grup yang dipilih secara aktif oleh pengguna untuk diikuti.

“Umpan di tab itu akan disajikan secara kronologis, tanpa peringkat yang dipersonalisasi,” kata Chief Executive Officer Mark Zuckerberg dalam sebuah posting Facebook. Meta mengatakan feed ini tidak akan menyertakan posting yang disarankan tetapi akan tetap memiliki iklan.

Perusahaan media sosial terbesar di dunia ini telah melakukan semua rekomendasi algoritmik dalam beberapa bulan terakhir karena ancaman dari TikTok telah berkembang. Ini perubahan mencolok dari rencana 2018 untuk menampilkan lebih banyak posting dari teman dan keluarga di umpan berita.

Aplikasi Instagram-nya mengumumkan pengujian pengalaman menonton gaya TikTok yang lebih "mengagumkan" pada bulan Mei, sementara Zuckerberg mengatakan kepada investor pada bulan April bahwa Meta melakukan investasi yang signifikan untuk mendukung pendekatan "mesin penemuan".

Awal bulan ini, Chief Product Officer Chris Cox mengatakan kepada karyawan ada rencana untuk meningkatkan lima kali lipat jumlah unit pemrosesan grafis (GPU) di pusat datanya pada akhir tahun untuk memberikan daya komputasi ekstra untuk AI.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Tampilan Facebook Akan Diperbaiki, Konten di Beranda Bakal Mirip TikTok

Selain Update Terbaru Facebook, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!