Perayaan Waisak di Medan, Vihara Borobudur Ramai dan Patuh Prokes
Umat Budha Medan merayakan hari Waisak 2022/2566 TB di Vihara Borobudur dengan mematuhi protokol kesehatan secara ketat. (ANTARA/Munawar)

シェア:

MEDAN - Umat Budha Medan merayakan hari Waisak 2566 TB/2022 di Vihara Borobudur Jalan Imam Bonjol Medan, Sumatera Utara, dengan mematuhi protokol kesehatan secara ketat antara lain memakai masker dan mengatur jarak untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Pemantauan di Vihara Borobudur Medan, Senin, setiap umat Budha yang akan melaksanakan sembahyang di tempat suci tersebut diwajibkan memakai masker dan mengatur jarak.

Ada petugas keamanan yang memantau umat beribadah

Sejumlah petugas pengamanan memantau setiap umat Budha yang tidak menggunakan masker demi menjaga kesehatan dan terhindar dari penularan COVID-19.

Selain itu, ada sejumlah wanita yang khusus bertugas untuk memberikan perlengkapan sembahyang kepada umat Budha yang akan melaksanakan ibadah di Vihara Borobudur Medan.

Hari Raya Waisak di Vihara Borobudur tersebut berlangsung tertib, aman, lancar dan tidak ada kendala.

Bahkan, belasan personel Polrestabes Medan bersiaga di depan pintu masuk Vihara Borobudur untuk menjaga hal-hal yang tidak diingini.

Seorang petugas keamanan dari Polrestabes Medan AKP Gultom mengatakan perayaan Hari Waisak 2022 di Vihara Borobudur berlangsung tertib dan lancar.

"Sejak pukul 08.00 WIB, umat Budha sudah mulai ramai melaksanakan sembahyang dengan tertib di Vihara Borobudur," ucapnya.

Waisak diyakini sebagai peringatan hari kelahiran Sang Siddharta Gautama, pencapaian kesempurnaan menjadi Budha atau wafatnya Budha Gautama.

Bagi sebagian umat Budha, hari kelahiran ini menjadi penting. Melalui momentum ini setiap umat Budha dapat menemukan makna hidup dan merefleksikan ajaran-ajarannya.

Selain Perayaan Waisak di Medan, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!