7 Jenis Makanan dan Minuman yang Tren pada Tahun 2021, Ada yang Favorit?
Ilustrasi makanan yang tren 2021 (Unsplash/Brands&People)

Bagikan:

JAKARTA – Pandemi berkontribusi memengaruhi kegemaran masyarakat, termasuk pada jajanan dan kuliner. Ada sejumlah makanan tradisional yang dikemas secara modern dan menjadi tren.

Beberapa menu khas hari besar juga enggak pernah bergeser jadi favorit. Kesadaran memilih makanan sehat juga meningkat sejak sebelum apalagi saat pandemi. Apakah 7 jenis makanan dan minuman yang tren 2021 di bawah ini ada favorit Anda?

1. Makanan hari besar

Rendang kerap jadi hidangan wajib ketika lebaran, ungkap Santi Panjaitan -marketing manajer Tetra Pak Indonesia- dalam diskusi virtual Kitchen Cabinet: What’s Trending in 2021, Kamis, 9 Desember. Santi juga menambahkan, menu ayam kodok juga merupakan makanan spesial saat perayaan Natal.

Disamping kedua makanan tersebut, makanan bersantan tak surut jadi hidangan favorit ketika perayaan hari besar atau acara keluarga. Santan dari kelapa berkualitas perlu dipilih, jelas Kenedy Hermawan sebagai marketing manager PT Kara Santan Pertama, agar mendapatkan taste terbaik dan ternikmat dari olahan yang dihidangkan untuk keluarga tercinta.

makanan tren kekinian
Ilustrasi makanan yang kekinian (Unsplash/Kouji Tsuru)

2. Makanan penutup atau dessert

Makanan penutup, umumnya memiliki rasa manis. Tambah Santi, yang paling banyak digemari selama pandemi, khususnya tahun ini antara lain bomboloni, pie susu teflon, dan permen dalgona. Bahkan kue-kue camilan seperti kue sagu juga tetap digemari.

3. Minuman

Kreasi memang tak pernah pudar, justru selama pandemi kreasi membuat minuman semakin jadi kreatif. Termasuk banyak masyarakat yang rela mengaduk dalgona, membuat minuman boba, hingga mencampurkan kopinya dengan coconut milk atau santan kelapa agar mendapatkan rasa gurih.

diskusi virtual makanan trending 2021
Ilustrasi diskusi virtual tentang makanan trending 2021 (Dok. Spesial)

4. Produk UMKM

Makanan yang dikemas dalam boks dan bersifat fussion trending di tahun ini, Santi menambahkan lagi. Makanan tersebut antara lain salmon mentai, croffle atau croissant yang diolah seperti waffle, dan Korean garlic bread.

5. Makanan tradisional yang dikemas secara modern

Magdalena, sebagai food reviewer, menggarisbawahi dan melengkapi daftar makanan tren tahun 2021. Menurutnya, makanan tradisional yang dikemas secara modern serta masuk dalam usaha kecil menengah antara lain klepon cake, dan cendol dessert box.

6. Sourdough

Chef Marinka juga menyorot kebiasaan di rumah menggugah seseorang untuk memasak. Menurutnya, banyak orang mencoba membuat sourdough hingga membuatnya populer tahun ini. Sourdough adalah jenis roti yang diolah melalui proses fermentasi untuk memecah kandungan tepung sehingga indeks glikemik menurun.

Memasak, Chef Rinrin, bisa jadi aktivitas terapeutik dan menyenangkan. Oleh karena itu, banyak sekali usaha-usaha kecil yang berangkat dari hobi memasak dan menjual hidangannya sehingga membantu aspek finansial atau bahkan hanya untuk mendapatkan kesenangan.

7. Makanan sehat

Masih makanan box yang tren, ialah makanan berkaitan dengan menu diet. Misalnya, makanan plant based, maupun menu diet flexitarian yang menyehatkan. Chef Rinrin memutar ingatannya pada tahun 2019, ketika sebelum pandemi, di Belanda menghadiri festival makanan dengan menu plant based.

Tak menutup kemungkinan, makanan-makanan sehat akan terus tren karena dibarengi dengan kesadaran masyarakat untuk mengonsumsi makanan yang mendorong kesehatannya,” ungkap Chef Marinka.