Punya Daun Besar, 5 Tanaman Hias Ini Cocok Dijadikan Dekorasi Luar Rumah
Ilustrasi Tanaman Hias (Krystian Beben/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Punya banyak waktu luang saat ini? Ingin eksplorasi aktivitas baru untuk mengusir penat tapi bingung harus lakukan apa? Mungkin Anda bisa mencoba bercocok tanam. Aktivitas seru yang mulai ditinggalkan ini, kini kembali digemari. 

Apalagi ada banyak tanaman hias indoor yang sempat meredup kini kembali meroket di tengah pandemi. Dari sudut meja kerja hingga jendela, tanaman hias memberikan kesan segar dan asri dalam ruangan. Minimnya perawatan dan ragam bentuk yang indah membuat sejumlah tanaman indoor menjadi primadona belakangan ini.

Berikut sederet tanaman indoor cantik penghias ruangan yang dapat Anda aplikasikan menjadi dekor di ruangan.

Fiddle leaf fig

Dikenal dengan sebutan daun ara. Tumbuhan ini memiliki daun lebar berwarna hijau gelap dengan bentuk yang cukup ikonik. Daun ara cocok ditempatkan di ruangan dengan cahaya sedang, meskipun terbilang tinggi untuk ukuran tanaman hias tetapi fiddle leaf fig tidak memiliki daun yang lebat. Untuk urusan perawatan, fiddle leaf fig terbilang cukup mudah, cukup siram tanaman ini ketika tanahnya sudah terlihat kering.

Calathea

Berasal dari wilayah tropis Amerika, daun calathea memiliki bentuk besar bercorak garis-garis khas, dengan kombinasi warna yang menarik. Perawatan untuk tanaman hias ini terbilang mudah, bahkan Anda dapat meletakkannya di ruangan dengan cahaya yang terang, sedang, maupun redup, kemudian cukup siram sebanyak 1-2 kali seminggu.

Monstera

Monstera merupakan tanaman hias yang sedang naik daun akhir-akhir ini, bahkan harga jualnya melambung hingga jutaan rupiah. Memiliki bentuk daun lebar dengan aksen sobek-sobek adalah ciri khas dari monstera. Cara merawat monstera cukup mudah, hanya dengan menyiramnya 2-3 kali seminggu untuk menjaga kelembapan, serta bersihkan debu pada daun demi tampilan yang lebih estetik.