Bisa Merusak Kulit, <i>Lho</i>! Hindari 7 Kesalahan saat Membersihkan <i>Makeup</i> Wajah
Ilustrasi kesalahan dalam membersihkan wajah (iStockphoto)

Bagikan:

JAKARTA – Ternyata, membersihkan wajah dari riasan atau makeup perlu dilakukan secara tepat. Jika tidak, kulit wajah jadi tak selembut dan selembap biasanya. Saat membersihkan wajah, juga perlu menaruh perhatian penuh seperti mengaplikasikan makeup.

Kesalahan membersihkan wajah, juga berisiko merusak kulit lho. Maka hindari untuk melakukan hal-hal berikut ini, ya.

1. Menggosok ketika membersihkan

Bagian sekitar mata kulitnya tipis, sering kali banyak perempuan salah membesihkannya. Seperti ketika membersihkan riasan di mata dengan menggosok. Cara paling tepat, tuangkan remover ke kapas pembersih dan tempelkan selama 20-30 detik supaya lebih meresap dan mudah mengangkat sisa-sisa makeup.

2. Kapas berserat

Bola-bola kapas kerap sekali menyisakan serat ketika dipakai untuk membersihkan wajah. Maka pilih kapas dengan serat yang rapat supaya tidak berpotensi menyebabkan iritasi.

3. Tidak mengikat rambut saat membersihkan wajah

Ketika membersihkan wajah, disarankan untuk mengikat rambut baik dengan ikatan ekor kuda maupun ikat rambut cepol. Mengikat rambut ke belakang perlu supaya tidak mengganggu saat Anda membersihkan wajah.

4. Tidak mencuci wajah setelah membersihkan

Kesalaha paling besar, setelah membersihkan wajah dengan kapas tidak mencuci wajah dengan air. Padahal dibutuhkan untuk menghilangkan residu supaya kebersihan kulit terjaga.

5. Menggosok terlalu keras

Menggosok kulit terlalu keras karena ingin hasil yang bersih, ternyata bisa membuat kulit memerah dan teriritasi. Maka disarankan untuk besabar dan menggosok dengan perlahan. Kulit sekitar mata adalah area yang paling sensitif, sehingga perlu menunggu beberapa detik supaya meresap dan tidak berpotensi melukai.

6. Tidak menambahkan oil

Dilansir All Women’s Talk, Rabu, 29 Desember, seseorang cenderung menghindari pemakaian minyak untuk menghindari kulit berminyak. Triknya, pilih oil yang paling cocok dan apabila memungkinkan pilih minyak kelapa untuk menghindari iritasi dan terluka.

7. Tidak membersihkan setiap malam

Karena lelah, tidak membersihkan riasan semalaman bisa menyumbat pori-pori dan bikin berjerawat. Ini paling perlu dihindari karena setiap kali setelah memakai makeup perlu dibersihkan ya.

Nah, disamping 7 kesalahan di atas, pastikan Anda memakai produk yang cocok dengan karakter kulit Anda.