Bahan-bahan Alami yang Dapat Digunakan Untuk Mencuci Sayur dan Buah
Ilustrasi (Ron Lach/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Pestisida masih jadi bahan kimia yang digunakan para petani buah dan sayur di Indonesia demi menjaga kualitas hasil panen dan terhindar dari gagal panen. Sayangnya, saat panen dilakukan, pestisida akan meninggalkan sisa pada sayur maupun buah. Jika tidak dibersihkan dengan cermat, sisa pestisida ini bisa ikut termakan. Tentu jadi hal yang membahayakan bukan? Untuk itu, VOI bagikan tips cara mencuci sayur dan buah agar terbebas dari kandungan pestisida menggunakan bahan-bahan alami.

Rendam dengan air cuka

Cuka memiliki kandungan zat asam yang kuat sehingga dapat menghilangkan pestisida sekaligus menyingkirkan kuman dan bakteri yang ada pada buah dan sayuran. Cara mencuci sayur dan buah dengan air cuka cukup mudah. Anda hanya perlu menyiapkan sebaskom air, lalu tambahkan dua hingga tiga sendok makan cairan cuka. Setelah itu, cuci kembali buah dan sayuran sampai bersih dibawah air mengalir.

Baking soda

Selain cuka, bubuk baking soda juga jadi alternatif efektif menghilangkan sisa pestisida pada buah dan sayuran. Caranya mudah, campurkan baking soda kedalam wadah yang telah diisi air, lalu rendam buah dan sayuran dalam waktu 15 menit. Angkat kemudian bilas hingga bersih.

Rendam dengan air garam

Mungkin cara ini paling banyak dipraktikkan oleh ibu-ibu di rumah. Rendaman air garam sangat efektif menghilangkan sisa pestisida. Siapkan sebaskom air, larutkan garam ke dalamnya, lalu masukkan sayuran atau buah-buahan yang akan dikonsumsi ke dalam air garam selama 20 menit. Sebelum diolah, jangan lupa bilas sayur dan buah dengan air bersih. Selamat mencoba!