Mengenal Bunga Kamboja, Bolehkah Menanamnya di Depan Rumah?
Ilustrasi bunga kamboja atau frangipani (Unsplash/Tudor Adrian)

Bagikan:

JAKARTA – Bunga kamboja kerap dijumpai tumbuh di lahan pemakaman. Lantas apakah boleh ditanam di depan rumah?

Terdapat sejumlah varietas dari tanaman berbunga cantik dengan nama ilmiah Plumeria. Di Bali, dikenal dengan frangipani yang biasa disematkan di rambut ketika melakukan ritual agama. Bunga kamboja mengaurkan aroma yang khas. Tak jarang bunga ini dikelola dan diolah menjadi minyak esensial.

Umumnya, jumlah kelopak bunga kamboja berjumlah 5. Tetapi berdasarkan mitos yang dipercaya masyarakat luas, kelopak bunga kamboja dengan jumlah 4,6, dan 9 bisa mendatangkan keberuntungan. Mengutip Plant Care Today, Selasa, 15 Februari, terdapat 11 spesies tanaman Plumeria.  Tanaman ini habitat aslinya di Karibian dan Amerika Tengah hingga Brasil. Hinga kini, tanaman cantik ini bisa tumbuh di banyak negara di dunia.

Spesies paling populer ialah Plumeria rubra, yang merupakan bunga negara Nikaragua. Bunganya yang harum memiliki arti khusus bagi pemeluk agama Buddha dan Hindu. Kamboja digunakan dalam upacara pernikahan, pemakaman, hingga menunjuk simbol status hubungan. Selain itu, kamboja juga dipakai memiliki manfaat dalam pengobatan tradisional.

Spesies lain disamping Plumeria rubra antara lain Plumeria stenophylla, Plumeria pudica, Plumeria obtusa, dan Plumeria alba. Untuk spesies Plumeria rubra sendiri memiliki beberapa kultivar dengan ditandai warna bunga yang berbeda-beda, mulai dari putih bersemu kuning, merah jambu, merah, biru, oranye, dan kuning pucat.

Bagi Anda yang ingin menanam salah satu spesies tanaman kamboja, menurut feng shui ternyata justru memberikan energi positif. Artinya, ‘bunga kuburan’ tak lagi bikin enggan untuk ditanam di halaman depan rumah.

Tanaman kamboja mampu menetralisir energi negatif. Bahkan energi buruk dan mikroba karena proses pembusukan bisa dihalau oleh tanaman ini. Dalam bahasa feng shui, kamboja membawa chi yang mendatangkan rezeki.

Tertarik untuk menanamnya? Cara menanam bunga kamboja cukuplah mudah. Anda bisa membeli bibit di toko tanaman dan memberikan perawatan rutin supaya subur dan berbunga indah. Oiya, Anda juga bisa memilih warna bunganya sesuai spesies ataupun kultivar yang memiliki aneka ragam warna.