5 Kiat Mengatasi Patah Hati Setelah Perceraian
Ilustrasi (Noah Silliman/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Salah satu hal tersulit yang pernah dialami dalam hidup adalah patah hati. Baik ditinggalkan atau meninggalkan, perasaan sedih dan kehilangan tak bisa dipungkiri. Namun, perlu diketahui bahwa momen patah hati hanyalah persiapan untuk mendapatkan lebih banyak cinta saat Anda telah berhasil berdamai dengan diri sendiri.

Melansir Yourtango, Rabu, 23 Februari, ini lima cara menyembuhkan patah hati.

Luangkan waktu untuk merasakan ragam emosi

Alih-alih berusaha keras untuk melupakan, coba biarkan diri merasakan semua rasa yang ada. Rasa bersalah, malu, marah, biarkan perasaan ini mengalir. Berikan waktu bagi diri untuk bersedih dan tentukan kapan harus kembali bangkit.

Ingat, semua ini hanya sementara. Baik sedih maupun senang, tak ada yang abadi. Ketika Anda sadar tidak menolak kesedihan, artinya Anda memberi perhatian pada bagian diri yang terluka. 

Jangan mencari pelarian. Jangan mencoba merasionalisasi atau membenarkan perasaan Anda dengan memikirkan apa yang salah. Jangan biarkan diri jadi mati rasa. Berteriak, menangis, lakukan apapun yang menurut Anda nyaman untuk mengekspresikan kesedihan.

Latih menghargai diri sendiri

Ketika sedang berproses melupakan seseorang yang pernah dicintai, Anda bisa terjebak dalam kondisi menghakimi diri sendiri dan menyalahkan diri atas perpisahan tersebut. Sebenarnya, Anda telah melakukan yang harus dilakukan. Pun jika ada penyesalan, cobalah untuk memaafkan diri sendiri. Agar lebih tenang, silangkan tangan kanan dan kiri di dada. Tutup mata dan hirup nafas dalam-dalam. Bayangkan diri Anda dan ucapkan “aku memaafkanmu, aku mencintaimu.”

Bersyukur atas semua yang dimiliki

Rasa syukur bisa mengubah pola pikir Anda ke hal-hal yang lebih baik. Sikap bersyukur memungkinkan Anda menerima lebih banyak dari apa yang Anda inginkan. Ketika hati Anda hancur, mungkin sulit untuk merasa bersyukur atas apapun dalam hidup.

Mulailah dari hal-hal kecil. Jika tubuh sehat, bersyukurlah. Jika Anda memiliki hewan peliharaan, bersyukurlah atas cinta tanpa syarat dari mereka. Jika Anda memiliki teman yang mau mendengarkan keluhan tentang mantan pasangan, taruh mereka di urutan teratas daftar Anda.

Cara berpikir tentang merupakan senjata penting yang dimiliki untuk mengalihkan energi dan emosi. Mulailah menulis jurnal setiap malam sebelum tidur dan tuliskan lima hal yang Anda syukuri. Kemudian, baca daftar tersebut di pagi hari sebelum Anda bangun dari tempat tidur untuk memulai hari.

Temukan pembelajaran dari kegagalan hubungan

Hidup selalu memberikan pembelajaran. Begitu juga dengan pengalaman hubungan yang gagal. Petik hikmah dari putusnya hubungan Anda. Agar lebih mudah, tulis semua pikiran-pikiran yang ada di benak mengenai mantan pasangan dan pembelajaran apa yang bisa dipetik selama kalian menjalin hubungan. Ambil yang baik, dan buang yang buruk.

Buat rutinitas dan kenangan baru

Salah satu cara terbaik untuk menyembuhkan patah hati adalah dengan membangun kembali hidup yang beberapa waktu lalu sempat hancur. Dengan atau tanpanya hidup harus terus dilanjutkan, dan jangan biarkan kepergian orang yang sudah tidak menyayangi Anda mengehentikan langkah dan kesempatan untuk bahagia.

Anda dapat mulai membangun hidup kembali dengan penuh harapan dan semangat, fokus pada karier, menghabiskan waktu bersama teman-teman, mengunjungi kedai kopi favorit atau apa pun yang dapat membantu menciptakan kebiasaan dan rutinitas baru. Ciptakan kenangan baru yang menyenangkan dan life must go on.