Cara Mendidik Anak Puasa. Berikut Tips Mudahnya Moms
Ilustrasi (Omar Lopez/Unsplash)

Bagikan:

MEDAN - Umat muslim akan menjalankan ibadah khusus yakni berpuasa. Nah Bagi orang tua, ibadah ini mungkin tak begitu berat.

Namun anak-anak puasa masih terasa asing dan sulit dijalankan. Untuk itu, sebagai orang tua, Anda wajib memperkenalkan makna puasa pada anak sedini mungkin.

Memperkenalkan anak-anak pada dasar-dasar keyakinan Muslim akan menjadi tempat yang baik untuk memulai menjelaskan apa itu puasa di bulan Ramadan. Berikut ini beberapa tahap yang mulai bisa Anda jelaskan pada si kecil.

1. Ceritakan sejarah singkat Ramadan

Untuk menarik perhatian si kecil tentang puasa, Anda bisa awali dengan menceritakan terlebih dahulu kisah tentang asal muasal puasa itu dimulai. Ini bisa menjadi penguat hati si kecil untuk menjalankan kewajibannya sebagai seorang muslim. Jangan lupa sampaikan juga padanya jika puasa merupakan bagian dari Lima Rukun Islam yang wajib dilakukan setiap yang beragama Islam.

2. Waktu puasa

Setelah anak paham tentang seluk beluk berpuasa, mulailah beri penjelasan tentang waktu berpuasa. Sampaikan padanya kalau puasa dijalankan selama sebulan penuh. Lamanya dari waktu Subuh hingga Maghrib, dari pagi hingga petang.

Untuk menguji kemampuannya, ajak anak berpuasa setengah hari. Jelaskan pada waktu itu, ia tidak boleh makan dan minum hingga waktunya tiba. Setelah anak kuat, bisa melanjutkan puasa dari Ashar bahkan Magrib. Jika anak berhasil puasa, berikan pujian baginya.

3. Memberi contoh

Orang tua adalah contoh terbaik bagi anak. Jika Anda menjalankan puasa, anak akan melihatnya dan bersemangat untuk meniru apa yang dilakukan orang tua. Coba ajak anak untuk sahur dan berbuka puasa saat Maghrib. Libatkan juga dia dalam menyiapkan sahur dan menu buka puasa. Selain pahala yang didapat, kehangatan keluarga juga dapat dibangun lewat hal-hal kecil ini.

4. Melakukan kebaikan

Jelaskan pada si kecil, jika puasa tidak hanya menahan lapar dan haus selama seharian. Melainkan dapat mendekatkan diri kepada Sang Pencipta dengan cara melakukan kebaikan, seperti beramal, meningkatkan ibadah sholat dan mengaji, serta mengontrol diri dengan tidak berkata kasar, berperilaku sabar, tidak menangis dan berkelakuan buruk.

5. Menyehatkan tubuh

Anda juga bisa menjelaskan makna berpuasa pada anak dari sisi kesehatan. Sejatinya, puasa sangat menyehatkan karena tubuh secara alami melakukan detoksifikasi. Dengan pola makan yang teratur dan gizi yang cukup selama Ramadan, tubuh anak akan semakin sehat dan kuat.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Bantu Si Kecil Memahami Makna Puasa, Ini 5 Hal yang Bisa Orang Tua Lakukan

Selain Cara Mendidik Anak Puasa, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!