Cara Mencari Bengkel Mobil agar Tidak Tertipu dan Disuruh Ganti-Ganti Komponen
Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Bagikan:

MEDAN - Tak semua aplikasi bengkel mobil memberikan tips mencari bengkel mobil yang profesional dan terpercaya. Bagi sebagian orang yang tinggal di kota-kota besar, mobil dianggap sebagai rumah kedua.

Menariknya, sebagai pemilik kendaraan perlu memperhatikan perawatannya secara berkala. Ini bertujuan agar pemiliknya selalu merasakan kenyamanan dalam berkendara.

Namun kondisi dan umur produktif kendaraan tergantung pada reputasi bengkel dimana Anda merawatnya. Hal ini disebabkan karena tidak sedikit bengkel mobil nakal yang justru akan membuat mobil kesayangan Anda rusak parah.

Cara Mencari Bengkel Mobil yang Dapat Diandalkan

Jika kerusakan fatal yang dialami, maka dapat dipastikan Anda harus mengeluarkan budget yang tidak sedikit untuk memperbaikinya. Oleh karena itu, saat Anda membutuhkan penyedia jasa reparasi mobil, pastikan benar-benar teliti.

Berikut adalah beberapa tips yang akan membantu Anda menemukan bengkel mobil terbaik, handal, dan terpercaya.

Pilih Teknisi yang Bersertifikat dan Profesional

Pada umumnya, bengkel mobil yang memiliki teknisi profesional dan telah bersertifikat akan memiliki reputasi yang baik. Pihak bengkel akan mempublikasikan dan memberitahukan hal tersebut melalui pengumuman di dinding dan area sekitar bengkel tersebut berada.

Hal yang perlu diwaspadai adalah bahwa malpraktik juga bisa dialami mobil Anda. Oleh karena itu, pastikan bengkel yang dipilih benar-benar memiliki teknisi profesional dan bersertifikat. Dengan demikian, pengetahuan perihal seluk beluk mobil lebih terjamin dan mendalam.

Pilih Bengkel dengan Jam Operasional Fleksibel

Tips mencari bengkel mobil berikutnya adalah carilah bengkel yang membuka pelayanan pada hari Minggu atau libur nasional (tanggal merah). Bila memungkinkan, pilih yang berlokasi dekat dengan rumah Anda.

Selain efisien waktu, memilih bengkel terdekat juga menghemat biaya. Namun, jangan asal pilih. Anda tetap harus memperhatikan kualitas bengkel tersebut.

Bertanya

Masih bingung mencari bengkel berkualitas bagus? Anda bisa mencari rekomendasi bengkel pada teman atau kerabat yang biasa menggunakan jasanya.

Lebih aman lagi jika Anda bertanya pada teman yang memiliki pengetahuan di dunia otomotif. Bertanyalah pada mereka bagaimana kinerja teknisi bengkel yang direkomendasikan.

Memiliki Suku Cadang Lengkap

Suku cadang adalah bagian terpenting dalam manajemen logistik dan rantai suplai. Onderdil ini merupakan komponen dari mesin yang difungsikan sebagai komponen cadangan perbaikan atau penggantian komponen kendaraan yang mengalami kerusakan. Suku cadang asli akan membuat kendaraan panjang umur.

Mengingat fungsi suku cadang yang yang sedemikian penting, maka usahakan bengkel yang dipilih menyediakan suku cadang asli mobil yang lengkap dengan berbagai macam pilihan. Harga suku cadang asli yang terbilang cukup mahal, sebanding dengan masa pakai dalam jangka panjang.

Secara tidak langsung dengan tips mencari bengkel mobil ini, Anda juga menghemat budget karena dapat dipastikan tidak perlu mengganti suku cadang dalam waktu dekat.

Memiliki SOP dan QC yang Memadai

SOP dan QC merupakan 2 hal yang penting saat Anda mencari bengkel mobil terbaik. Jika bengkel mobil yang dipilih memiliki kedua hal tersebut, maka analisa kerusakan kendaraan akan terasa lebih mudah. Hal ini juga sebagai deteksi awal kerusakan yang dinilai cukup baik sehingga meminimalisir terjadinya kesalahan analisis dan teknis.

Memiliki Ruang Tunggu yang Nyaman

Meski hal ini penting, namun masih ada beberapa bengkel yang tidak menghiraukannya. Bengkel yang bereputasi baik dan profesional, tentu akan memiliki banyak pelanggan.

Bisa jadi Anda harus menunggu hingga giliran reparasi kendaraan tiba. Penyedia jasa bengkel yang baik, akan menyediakan ruang tunggu yang nyaman. Selain ruang tunggu, terdapat fasilitas lain yang mendukung kenyamanan pelanggannya seperti AC, TV, toilet, hingga WiFi gratis.

Otoklix merupakan salah satu aplikasi bengkel mobil pilihan terbaik yang dapat diandalkan untuk melakukan berbagai jenis perawatan mobil. Kini, Otoklix menghadirkan promo PAKOTO untuk meramaikan update aplikasi terbarunya. Bagi pelanggan yang memenuhi persyaratan yang telah ditentukan, maka berhak mengikuti program diskon voucher hingga Rp 150.000 saat menggunakan layanan check-out booking.

Memberikan Catatan Servis

Catatan ini tidak boleh dianggap remeh. Melalui catatan tersebut, Anda bisa mengetahui kondisi terkini mobil secara gamblang. Anda juga bisa mengetahui apa yang harus dilakukan pada service mendatang.

Cobalah Servis Paling Ringan

Setidaknya, cobalah mempercayakan perbaikan mobil dari servis paling ringan. Misalnya, ganti oli, filter udara, atau layanan ringan yang lain.

Hal ini bertujuan untuk mengetahui kualitas bengkel. Jika Anda merasa puas dengan pelayanan tersebut, maka bisa melanjutkan proses perbaikan mobil yang cukup berat di lain waktu.

Manfaatkan Layanan Service Online

Era digital memberikan sejuta kemudahan untuk melakukan banyak hal, termasuk mencari bengkel online terpercaya. Umumnya, bengkel online melayani servis dan perbaikan panggilan.

Mereka akan mendatangi rumah, kantor, atau tempat yang Anda maksud. Bahkan beberapa aplikasi bengkel online seperti Otoklix menyediakan jasa konsultasi gratis mulai dari kerusakan yang terjadi pada mobil, suku cadang, hingga informasi rincian biaya.

Tips mencari bengkel mobil bermutu baik yang telah diulas tadi, bisa dijadikan acuan sebelum memutuskan bengkel yang hendak dipilih. Aplikasi bengkel mobil Otoklix akan memberikan bantuan perawatan mesin dan perbaikan AC mobil dengan teknik yang canggih. Kunjungi situs resmi Otoklix untuk memperoleh informasi selengkapnya.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Tips Mencari Bengkel Mobil Jangan Sembarangan, Begini Caranya

Selain Cara Mencari Bengkel Mobil, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!