7 Tips Memelihara Hubungan Romantis agar Langgeng
Ilustrasi tips memelihara hubungan romantis dan langgeng (Unsplash/Jonathan Borba)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Dalam hubungan berkomitmen, baik pacaran ataupun pernikahan, memerlukan pemeliharaan agar langgeng dan bahagia. Sebagai makhluk yang secara alamiah berkomunikasi satu sama lain, ada sejumlah tips dalam memelihara hubungan. Bersama pasangan, Anda bisa melakukan rekomendasi ahli di bawah ini.

1. Bangun fondasi hubungan

Seperti sebuah bangunan, hubungan juga memerlukan fondasi agar tetap berdiri kokoh bersama atapnya. Hubungan tanpa fondasi, mungkin lebih mudah hancur. Lantas apa fondasinya? Menurut Gleb Tsipursky, Ph.D., kebenaran dan kejujuran adalah landasan utama pada hubungan yang romantis.

2. Hindari menganggap pasangan mengerti seluruh perasaan Anda

Salah satu bahaya terbesar dalam hubungan asmara adalah menganggap pasangan mengerti seluruh perasaan Anda. Setiap orang memiliki perbedaan, baik pikiran maupun perspektif, untuk itu perlu menerima satu sama lain tanpa menganggap pasangan harus mengerti dan memahami. Jadi, diskusikan setiap perbedaan, komunikasikan pikiran, dan ekspresikan perasaan secara sehat.

tips hubungan langgeng
Ilustrasi tips hubungan langgeng (Unsplash/Jonathan Borba)

3. Bangun kepercayaan

Setiap budaya memiliki cara berkomunikasi yang berbeda-beda antar individu. Kadang, dibutuhkan tutur kata yang halus untuk berkata jujur. Tak jarang untuk mengomunikasikan perasaan perlu terbuka dan apa adanya. Dengan diikuti sikap autentik, ini dapat membangun kepercayaan antar pasangan.

4. Penyesuaian emosional

Dua orang yang berkomitmen untuk berpasangan, perlu memiliki penyesuaian emosional. Saat Anda berkomunikasi dengan pasangan, perlu sama-sama saling memahami emosi di balik kata-kata pasangan. Awalnya mungkin tak mudah, tetapi cobalah memperhatikan suara, bahasa tubuh, apa yang tak diucapkan, dan isi dari kata. Dengan penyesuaian emosional, pasangan bisa saling memahami dan mengarah pada hubungan langgeng bahagia.

5. Hormati batas dan privasi

Aspek kunci dari menunjukkan kepercayaan adalah mengizinkan satu sama lain untuk menetapkan batasan dan mengizinkan privasi. Untuk memastikan hubungan yang bahagia dan berkelanjutan, penting untuk saling memberi ruang, dilansir Psychology Today, Minggu, 4 September.

6. Konflik yang Sehat

Konflik pada satu sisi adalah hal yang menyehatkan hubungan. Pertengkaran kecil, bisa membuat satu sama lain yang berpasangan saling mengenal dan memahami. Baiknya, kenali teknik resolusi konflik yang sehat dan diskusikan dengan pasangan Anda.

Setiap orang punya persepsi, preferensi, dan mungkin juga prasangka. Tanpa keterbukaan dan kejujuran, kedua pasangan bisa merasa tidak nyaman dengan ketiga hal tersebut.

7. Punya tujuan masing-masing

Ide, karir, tujuan, dan arah hidup Anda sama pentingnya dengan pasangan Anda. Jelaskan hal-hal ini kepada pasangan Anda sehingga Anda berdua memiliki gagasan yang akurat tentang apa yang Anda hadapi. Jujur dan terbuka tentang kebutuhan dan keinginan Anda. Dorong pasangan Anda untuk melakukan hal yang sama. Jika tidak, menimbulkan risiko kebencian dan frustrasi, sehingga merusak prospek hubungan yang bahagia dan langgeng.

Itulah ketujuh tips memelihara hubungan romantis dan langgeng. Selain itu, berkompromi dalam setiap aspek dalam hubungan juga penting dilakukan. Paling penting, memahami dan menghormati satu sama lain akan membuat hubungan tetap sehat.