Kata Ahli Diet, Ini 5 Tanda Pola Makan yang Anda Jalani Menyehatkan
Ilustrasi pola makan sehat (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Kesehatan perlu dijaga terutama ketika perubahan musim. Ketika musim berubah, virus juga akan lebih banyak menyerang. Untuk mewaspadai tubuh tetap sehat, maka diet atau pola makan perlu dijaga.

Banyak sekali tips diet yang bisa dijalani. Tetapi tidak semua bisa menunjukkan perubahan positif pada kesehatan Anda. Menurut Theresa Gentile, MS., RDN., CDN., juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics, kebanyakan orang yang makan dengan pola makan seimbang, dan mencakup berbagai makanan bergizi, artinya tak perlu khawatir kekurangan nutrisi. Artinya, berikut tanda pola makan yang Anda jalani menyehatkan.

1. Rambut berkilau

Rambut berkilau bisa menjadi salah satu tanda kesehatan dan vitalitas karena suatu alasan. Jika rambut berkilau dan terlihat indah, Anda mungkin telah memberinya makan dengan baik dengan diet sehat. Rambut yang menipis atau beruban sebelum waktunya, kadang menjadi tanda kekurangan vitamin.

Menurut penelitian dermatologi tahun 2018, kerontokan rambut antara 50-100 helai setiap hari adalah normal. Tetapi jika rontok banyak sekali, maka saatnya mengevaluasi diet yang telah Anda jalani.

tanda pola makan sehat
Ilustrasi pola makan sehat (Freepik)

2. Memiliki energi yang cukup

Tubuh mengolah makanan yang dikonsumsi menjadi energi. Sementara jika kita sedikit lelah hampir setiap hari, sebuah studi tahun 2020 menunjukkan bahwa sumber energi kurang mencukupi. Kalau mengalami kelelahan yang luar biasa, direkomendasikan untuk konsultasi pada dokter Anda.

3. Kuku sehat

Untuk melihat hasil dari diet yang telah Anda jalani, bisa dengan melihat kondisi kuku Anda. Kalau kuku halus dan kuat, menunjukkan nutrisi yang baik. Sedangkan kuku dengan tonjolan atau lekukan berbentuk sendok, atau kuku mudah retak, bisa jadi Anda kekurangan zat besi dan vitamin B.

4. Tidak mengalami memar tanpa sebab

Memar merupakan respons tubuh ketika mengalami trauma atau benturan. Pada beberapa kasus, memar tak terjelaskan sebabnya, kadang hanya karena lelah. Kadan juga menandai tubuh membutuhkan vitamin C dan vitamin K untuk menyembuhkan luka atau darah menggumpal. Kalau tidak mengalami memar tanpa sebab, artinya kebutuhan untuk restorasi tubuh telah tercukupi lewat menu diet yang Anda konsumsi.

5. Luka cepat sembuh

Beberapa vitamin dan mineral berperan dalam menutup dan menyembuhkan luka atau goresan. Dengan perban untuk mencegah infeksi, luka kecil akan sembuh dalam waktu sekitar seminggu. Jika luka tampak sembuh dengan cepat, tubuh Anda mungkin sehat.

Perlu Anda ketahui, nutrisi cukup tidak dapat menghentikan virus masuk ke dalam tubuh Anda, dilansir The Health, Jumat, 7 Oktober. Tetapi beberapa vitamin dan mineral membantu mendukung fungsi kekebalan tubuh sehingga dapat melawan virus, seperti flu.

Sebagai tambahan, tanda pola makan yang dilakukan menyehatkan adalah ketika Anda merasa cukup baik. Seperti tidak ada perubahan energi secara drastis, ini artinya kondisi tubuh baik.